Loading...

Sudiarto Setuju Dana Bansos Dipangkas

Administrator 28 Desember 2014 156 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

CIMAHI - Wakil Walikota Cimahi Sudiarto mengaku setuju apabila alokasi dana bantuan sosial (Bansos) pada 2015 mendatang akan dipangkas karena dianggap rawan terjadinya penyelewengan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo untuk menghapus dana Bansos di semua pemerintahan daerah dan kabupaten di seluruh Indonesia. Penghapusan tersebut karena dinilai sering diselewengkan oleh Kepala Daerah dan DPRD.

Berdasarkan informasi sementara, dana Bansos akan diproyeksikan hanya untuk beberapa jenis kegiatan seperti kegiatan pembangunan masjid dan pemberdayaan keluarga sejahtera.

Meski begitu Sudiarto mengaku belum mengetahui pasti mekanisme penghentian bansos seperti apa yang jelas pihaknya akan mengikuti apa yang menjadi kebijakan pemerintah pusat.

"Kita belum tahu mekanismenya seperti apa, yang jelas kita akan ikutti saja kebijakan pemerintah pusat selama hal itu yang terbaik untuk rakyat," ujarnya.

Secara terpisah, Ketua DPRD Kota Cimahi, Achmad Gunawan juga setuju jika dana Bansos dihapus. Sebab menurutnya dana tersebut rentan terjadi penyelewengan.

"Kami setuju bansos dihenttikan karena bansos ini rentan disalahgunakan. terbukti di kabupaten/kota dan provinsi lain banyak temuan hukum, di Cimahi aman dan lancar," ujarnya.(HA)