CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi menggagas penetapan City Branding yang tepat untuk Kota Cimahi. Hal tersebut dilakukan agar Kota Cimahi dapat lebih dikenal luas dan untuk kemajuan daerah.
Sekretaris Dinas Komunikasi Informasi Kearsipan dan Perpustakaan (Diskominfoarpus), Tubagus Yandi, pihaknya berusaha menggali konsep city branding yang tepat bagi Cimahi dengan melaksanakan forum group discussion (fgd) serta kajian.
"Baru memperkenalkan pada SKPD, biar ada masukan dari mereka apa yang cocok jadi konsep city branding Cimahi," ujarnya. Pembuatan konsep city branding perlu konsep besar dan harus melakukan survey konsep city branding ke daerah lain dan pembentukan tim khusus.
"Ada juga tim yang nanti dibentuk, isinya ada akademisi, perwakilan SKPD, bahkan masyarakat yang bisa saling bertukar ide bagaimana kita bisa menggali potensi daerah sehingga memunculkan branding yang tepat bagi Kota Cimahi," pungkasnya.
Cimahi dinilai masih kebingungan menentukan City Branding yang tepat dan dapat merepresentasikan keberadaan Cimahi kepada masyarakat luas. Hal tersebut perlu segera ditemukan agar Kota Cimahi bisa bebenah sesuai city branding yang ditetapkan untuk memajukan daerah.
Dosen Ilmu Hubungan Masyarakat Universitas Padjadjaran (Unpad) Anwar Sani mengatakan City Branding harus digali lagi oleh Pemkot Cimahi untuk menentukan branding Cimahi secara luas.
Anwar menilai, City Branding itu tentunya harus bisa dirasakan oleh semua warga Kota Cimahi tanpa terkecuali, dan kemudian dibuktikan.
"Jangan cari yang susah-susah, tapi yang sudah ada bisa dikembangkan dan dipertajam," tuturnya.
Pemerintah bisa membuat konsep dan melakukan kajian dengan baik mengenai city branding yang nantinya menjadi wajah Kota Cimahi.
"Banyak langkah yang harus dilakukan, misalnya melakukan kajian yang komprehensif, menentukan ciri khasnya, serta mengajak partisipasi masyarakat," jelasnya. (RF)***