Loading...

Masyarakat Diminta Tidak Menyalakan Petasan-Mercon Karena Bisa Picu Kebakaran

Arifin 30 April 2021 66 kali dilihat
Bagikan:
Masyarakat Diminta Tidak Menyalakan Petasan-Mercon Karena Bisa Picu Kebakaran
CIMAHI.-Plt. Walikota Cimahi Ngatiyana meminta masyarakat berhati-hati dan tetap waspada akan kondisi sekitar yang dapat memicu kejadian kebakaran. Termasuk, tidak melakukan euforia dalam mengisi waktu ramadan hingga lebaran dengan menyalakan mercon, petasan, maupun kembang api.
Pernyataan tersebut terkait kejadian kebakaran yang dialami bangunan gudang di Jalan Pojok Kelurahan Setiamanah Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi. Diduga, api berasal dari percikan mercon yang dimainkan anak-anak setempat.
"Ternyata sekarang terbukti ada akibatnya. Karena percikan api benda yang dianggap mainan tersebut malah ada musibah kebakaran. Ini menjadi bukti dampaknya bisa merugikan," ujarnya.
Ngatiyana menegaskan, bakal membuat surat edaran kepada masyarakat agar tidak menyalakan petasan, mercon, kembang api, dan sebagainya. "Agar masyarakat tidak nyalakan kembang api, petasan dan sebagainya karena bisa merugikan diri sendiri maupun oranglain serta membahayakan," katanya.
Memasuki musim kemarau, diakui Ngatiyana, potensi bencana kebakaran di Kota Cimahi meningkat. Apalagi banyak permukiman di dalam gang sehingga bisa terkendala jika terjadi kebakaran.
"Sekarang sudah jarang hujan. Tentunya potensi kebakaran harus diantisipasi dan jangan sampai terjadi. Tetap waspada dan jangan lengah, terutama saat memasak pakai tungku kompor, penggunaan alat elektronik. Kalau jaringan listrik kira-kira sudah tua segera lakukan perbaikan, jangan pasang lilin dekat benda mudah terbakar. Hal-hal seperti ini yang dapat memicu kebakaran," ungkapnya. ***