Loading...

Cegah Peredaran Rokok Ilegal, Pemkot Cimahi Bakal Lakukan Sosialisasi

Arifin 11 Juni 2021 643 kali dilihat
Bagikan:
Cegah Peredaran Rokok Ilegal, Pemkot Cimahi Bakal Lakukan Sosialisasi


CIMAHI - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi bakal memperketat pengawasan peredaran rokok di Kota Cimahi. Hal itu dilakukan untuk mencegah peredaran rokok ilegal.

Kepala Bagian Ekonomi pada Setda Kota Cimahi, Tri Laksmihindiah mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan sosialisasi kepada stakeholder terkait dan masyarakat.

"Action-nya bulan Juli mengikuti kabupaten kota yang lain. Nanti kegiatannya sosialisasi dan penindakan," kata Tri, Jumat (11/6/2021).

Dalam sosialisasi nanti, pihaknya akan bekerjasama dengan sejumlah pihak terkait. Seperti Bea Cukai. Ada juga Dinas Perdagangan, Koeprasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) serta Satpol PP Kota Cimahi yang akan dilibatkan dalam penindakan.

"Saya sudah koordinasi dengan Bea Cukai, nanti narasumbernya dari mereka," ujarnya.

Kemudian upaya lain yang dilakukan dalam mencegah peredaran rokok ilegal, pihaknya juga melakukan pengumpulan informasi untuk data, melakukan urvey ke lapangan bersama Disdagkoperind hingga monitoring dan evaluasi.

Selain sosialisasi yang dilakukan pihaknya, terang Tri, sosialisasi perihal masalah hukum seputar peredaran rokok ilegal juga dilakukan Bagian Hukum Setda Kota Cimahi.

"Jika hukum terkait aturan kebijakan Perda. Sedangkan untuk Bagian Ekonomi berupa pemberitahuan ke kelurahan, ASN dan masyarakat," terangnya.

Dirinya melanjutkan, sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya indikasi peredaran rokok ilegal di Kota Cimahi. Terlebih lagi, kata Tri, yang lebih menentukan ada atau tidaknya peredaran rokok ilegal adalah Bea Cukai.

Kepala Disdagkoperind Kota Cimahi, Dadan Darmawan menambahkan, pihaknya kerap memberikan imbauan kepada pada pedagang agar tidak melakukan rokok ilegal.

"Kalau yang bisa dilakukan sekarang adalah memberi imbauan kepada tokoh-tokoh mengenai adanya rokok ilegal," imbuhnya.