Loading...

Kota Cimahi Berlakukan PPKM Level 4

Arifin 22 Juli 2021 2371 kali dilihat
Bagikan:
Kota Cimahi Berlakukan PPKM Level 4

CIMAHI.-Pemerintah Kota Cimahi menerapkan  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Hal itu sebagai perubahan istilah PPKM Darurat yang pemberlakuannya diperpanjang pemerintah pusat hingga 25 Juli 2021 mendatang.

Demikian diungkapkan Plt. Walikota Cimahi Ngatiyana usai mengikuti rapat evaluasi PPKM Darurat bersama Menko Maritim dan Investasi secara virtual di Aula Gedung A Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Rabu (21/7/2021). "Kami mengikuti rapat virtual dengan pemerintah pusat dipimpin MenkoMarves. Sejumlah daerah mulai penerapan PPKM Level 4 sebagai pergantian PPKM Darurat. Cimahi termasuk," ujarnya.
Sebelumnya, pemerintah memutuskan memperpanjang masa pelaksanaan PPKM darurat hingga 25 Juli 2021. Jika terjadi tren penurunan kasus Covid-19, pemerintah akan melakukan pelonggaran berbagai sektor secara bertahap.
Menurut Ngatiyana, terdapat perbedaan aturan terkait penerapan PPKM Level 4. "Ada perbedaan-perbedaan aturan seperti perubahan batas waktu bagi pelaku ekonomi termasuk, itu salah satu contoh pelonggaran aturan untuk pemulihan ekonomi," jelasnya.
Perpanjangan PPKM Level 4 berlaku hingga 25 Juli 2021. "Mudah-mudahan hasilnya kasus menurun. Memang sudah ada penurunan tp mungkin 5 hari ini akan kelihatan lagi progresnya," ucapnya.
Selama Hari Raya Idul Adha, Ngatiyana melihat masyarakat tidak melaksanakan mudik. "Kalau yang mudik kelihatannya tidak ada. Yang melaksanakan salat idul adha berjamaah memang ada, pemerintah juga sudah menghimbau menyampaikan kepada masyarakat. Walau bagaimanapun juga pemerintah harus memperhatikan masyarakat. Sebab kita tetap harus waspada apabila nanti dampak  penambahan kasus Covid-19 harus segera diantisipasi," tuturnya.
Selain itu, terdapat dukungan dari pemerintah pusat termasuk bantuan sosial yang mulai dikucurkan kepada masyarakat terdampak PPKM Level 4. "Bansos sudah mulai turun untuk membantu ekonomi masyarakat. Termasuk obat-obatan juga akan segera dibagikan. Bantuan untuk warga isoman juga terus digulirkan Pemkot Cimahi," tandasnya.***