Loading...

Cegah Kriminalitas, Dishub Cimahi Bakal Pasang Penerangan Jalan Baru

Sadli 13 September 2021 34 kali dilihat
Bagikan:
Cegah Kriminalitas, Dishub Cimahi Bakal Pasang Penerangan Jalan Baru


CIMAHI - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi bakal melakukan pemasangan penerangan jalan baru di Kota Cimahi. Pemasangan penerangan itu salah satunya untuk mencegah kriminalitas.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, jumlah penerangan di Kota Cimahi mencapai 16.497 titik yang tersebar di 15 kelurahan. Termasuk di pemukiman padat.

Rincian penerangan yang sudah terpasang di antaranya 3.480 titik Penerangan Jalan Umum (PJU), 4.221 Penerangan Jalan Lingkungan (PJL) dan 8.796 Penerangan Jalan Gang (PJG).

"Anggaran tahun 2021 ini insya Alloh September kita lakukan pemasanangan PJL dan PJG dulu," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Hendra Gunawan, Senin (13/9/2021).

Pemasangan hanya akan dilakukan untuk PJG sebanyak 514 titik dan PJL sebanyak 60 titik. Pemasangan akan dilakukan di 15 kelurahan se-Kota Cimahi yang memang belum tersentuh penerangan.

Anggaran yang disiapkan mencapai sekitar Rp 2,5 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi tahun 2021. Saat ini prosesnya masuk tahapan lelang.

"Anggaran yang terakomodir adalah PJG dan PJL terbesar di kelurahan. Sekarang sedang mau proses ULP. Anggaran-nya sekitar Rp 2,5 miliar," ungkap Hendra.

Dirinya mengakui, jumlah penerangann di Kota Cimahi saat ini belum ideal. Berdasarkan hasil pendataan, kebutuhan PJG mencapai 20 ribu, PJL 1.900 dan PJU sekitar 400 lagi yang harus ditambah.

"Kita betahap mudah-mudahan kita juga mencari ajuan ke provinsi. Mudah-mudahan terealisasi," ucapnya.

Untuk keluhan apabila ada kerusakan atau lampu penerangannya mati, lanjut Hendra, masyarakat diminta untuk melaporkannya kepada petugas melalui nomor yang sudah disediakan.

"Kita akan langsung tindaklanjuti. Maksimal 2x24 jam harus sudah beres," tukasnya.