Loading...

Pemkot Cimahi Dorong Daya Saing IKM Lewat Pelatihan Media Sosial

Arifin 27 September 2021 748 kali dilihat
Bagikan:
Pemkot Cimahi Dorong Daya Saing IKM Lewat Pelatihan Media Sosial

CIMAHI.- Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Cimahi menggelar kegiatan pelatihan peningkatan daya saing produk IKM melalui media sosial di Gedung Cimahi Techno Park, Jalan Baros Kota Cimahi, Rabu (22/9/2021). Dengan pelatihan tersebut, diharapkan dapat menumbuhkan giat pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Cimahi di masa pandemi covid 19.

Pelatihan berlangsung selama 2 hari diikuti 80 peserta dari IKM dan UKM di Cimahi. Kegiatan menghadirkan narasumber Dewi Sartika Bukit, M.Sn, praktisi sosial media dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.
Plt.Wali Kota Cimahi Ngatiyana menyatakan apresiasi kepada para pelaku IKM dan UKM terus berupaya mempertahankan dan mengembangkan usaha produktif ditengah pandemi covid-19. "Mudah-mudahan para pelaku usaha ini yang mana di tengah-tengah pandemi Covid-19 masih bertahan bisa terus berupaya meningkatkan ekonominya. Kegiatan ini satu bentuk dukungan Pemerintah dengan memberikan pelatihan sehingga para pelaku IKM di Kota Cimahi bisa maju dan mumpuni bahkan di skala internasional," ujarnya.

Adapun tujuan diselenggarakannya pelatihan tersebut adalah : 1) untuk meningkatkan ilmu, wawasan, dan keterampilan para pelaku usaha industri dalam rangka memanfaatkan sosial media sebagai salah satu media promosi dan pemasaran;  2) membangun komunikasi dan sinergitas antar pelaku usaha industri, pemerintah daerah Kota Cimahi sebagai upaya untuk mewujudkan peningkatan daya saing IKM melalui optimalisasi sosial media.  
Ngatiyana menyampaikan rencana lanjutan dari pelatihan ini. “Disdagkoperin juga akan mengembangkan Kerjasama dengan Singapura, mudah-mudahan berhasil. Termasuk nanti juga kita akan berupaya untuk ekspor ke luar negeri baik itu ke Singapura atau Kamerun,” katanya.
Menurutnya, teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk mendukung berkembangnya ekonomi yang bisa menghasilkan berbagai produk dan jasa melalui strategi pemasaran. Oleh karena itu, perlunya ada pengenalan teknologi informasi sehingga para pelaku IKM bisa memasarkan produknya melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, Instagram maupun website dan Blog.  "Melalui pelatihan ini diharapkan para pengusaha IKM lebih kreatif lagi bisa memperkokoh ekonomi dalam mendukung Cimahi menjadi kawasan Industri Kreatif," pungkasnya.**