Loading...

Pemkot Cimahi Kembangkan Ekowisata Cimenteng

Sadli 18 Oktober 2021 1326 kali dilihat
Bagikan:
Pemkot Cimahi Kembangkan Ekowisata Cimenteng


CIMAHI - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi
Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemudan dan Olahraga (Disbudparpora) mulai melakukan pengembangan ekowisata Cimenteng. Tatapannya kini sudah memasuki proses pelelangan.

Berdasarkan data yang dihimpun dari laman lelang resmi Pemkot Cimahi, yakni lpse.cimahikota.go.id, pagu anggaran untuk pengembangan ekowisata Cimenteng mencapai Rp 3,9 miliar yang bersumber dari bantuan Pemprov Jabar.

"Dokumennya sudah di bagian lelang dengan anggaran bantuan dari Pemprov Jabar," kata Kepala Disbudparpora Kota Cimahi, Budi Raharja, Senin (18/10/2021).

Ekowisata Cimenteng sendiri akan dibangun di RT 02/12 Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. Lahan yang akan digarap merupakan bekas kawasan ekowisata Cimahi Torobosan (Dewi Citos).

Budi mengatakan, luas lahan yang akan dikembangkan menjadi ekowisata mencapai sekitar
Rp 6.000 meter persegi. Dari luasan lahan tersebut, lahan yang akan dibuat bangunan hanya sekitar 553 meter persegi.

Apalagi lokasi pengembangan ekowisata itu berada di Kawasan Bandung Utara (KBU). Ekowisata nantinya akan mendukung keberadaan Taman Kehati. "Posisisinya di KBU jadi kita dibawah 30 persen untuk pembangunannya," ucap Budi.

Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata pada Disbudparpora Kota Cimahi, Nursaleh menambahkan, pengembangan ekowisata Cimenteng harus selesai tahun ini sehingga triwulan pertama tahun 2022 sudah bisa dinikmati pengunjung.

"Ditargetkan bulan Desember selesai. Nanti penyempurnaan tahun 2020 dan langsung diresmikan," kata dia.

Nursaleh menjelaskan, ekowisata Cimenteng sendiri mengusung konsep wisata berbasis pada pendidikan. Dari mulai edukasi perkebunan hingga peternakan dan juga rencananya akan disediakan area jogging track.

"Cimenteng itu merupakan kawasan wisata pendidikan mulai dari perkebunan, peternakan dan sebagainya yang berbau alam," pungkas Budi.