Loading...

Pemkot Cimahi Beri Apresiasi Komitmen Perangkat Daerah Lewat Reformasi Birokrasi Award 2022

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 17 November 2022 202 kali dilihat
Bagikan:
Pemkot Cimahi Beri Apresiasi Komitmen Perangkat Daerah Lewat Reformasi Birokrasi Award 2022

CIMAHI.- Apresiasi komitmen perangkat daerah dalam meningkatkan pelayanan publik, Pemerintah Kota Cimahi menggelar Reformasi Birokrasi Award Tahun 2022. Lewat penghargaan tersebut, diharapkan dapat endorong percepatan implementasi Reformasi Birokrasi (RB) lebih berkualitas.
Reformasi Birokrasi Award Kota Cimahi 2022 mengusung tema  "Sinergy Together, Change For Better". Reformasi Birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan yang mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah pada 8 area perubahan reformasi birokrasi.
Berdasarkan hasil penilaian Implementasi Reformasi Birokrasi oleh Tim RB Kota Cimahi, terdapat 8 Perangkat Daerah dengan kategori A atau predikat sangat baik diantaranya Bappelitbangda urutan pertama- Inspektorat urutan kedua- DPMPTSP urutan ketiga, 3 Perangkat Daerah kategori BB atau predikat baik dan 4 Perangkat Daerah dengan kategori B atau predikat cukup baik.


Dalam sambutannya Pj. Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong perangkat daerah melaksanakan dan mengimplementasikan reformasi birokrasi dalam mewujudkan target nasional birokrasi pemerintah daerah berkelas dunia.
"Melalui pemberian penghargaan ini, diharapkan Pemerintah Daerah Kota Cimahi, khususnya perangkat daerah dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik dalam melaksanakan dan mengimplementasikan Reformasi Birokrasi," ujarnya.

Dikdik mengatakan, ada 8 area perubahan reformasi birokrasi yang harus dipenuhi dan berlaku untuk seluruh SKPD. 
"Pada dasarnya kegiatan ini memperlihatkan hasil implementasi Reformasi Birokrasi setiap SKPD, nantinya akan diketahui mana yang harus diperbaiki lagi untuk mencapai target 8 area perubahan reformasi birokrasi," ungkapnya.

Plt. Sekretaris daerah Kota Cimahi Heryy Zainy Z menambahkan, hasil evaluasi reformasi birokrasi oleh KEMENPANRB secara perlahan menunjukkan peningkatan untuk Kota Cimahi. "Pada tahun 2018 Kota Cimahi mendapat nilai  52,09 dengan kategori CC, hingga tahun 2021 nilainya menjadi 60,01 dengan kategori  baik," katanya.

Namun, pihaknya menyadari bahwa masih terdapat kendala dalam implementasi reformasi birokrasi baik pada level Pemerintah Kota Cimahi maupun pada level Perangkat Daerah. Sehingga perlu langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kualitas implementasi RB.
Pihaknya mengapresiasi upaya perangkat daerah dalam mensosialisasikan dan mempublikasikan perkembangan pelaksanaan reformasi birokrasi.

"Telah terpilih video favorit berdasarkan jumlah video yang  terbanyak mendapatkan like sebanyak 1,400 penonton" pungkasnya.***