Loading...

Peringati Hari Guru Nasional, Guru Kota Cimahi Diharapkan Berinovasi Untuk Wujudkan Merdeka Belajar

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 25 November 2022 177 kali dilihat
Bagikan:
Peringati Hari Guru Nasional, Guru Kota Cimahi Diharapkan Berinovasi Untuk Wujudkan Merdeka Belajar

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi menggelar peringatan Hari Guru Nasional 2022 di kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi. Lewat peringatan tersebut, diharapkan semua pihak dapat mendukung penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di Kota Cimahi.
Kegiatan upacara berlangsung pada Jumat (25/11/2022) diikuti perwakilan guru Kota Cimahi. Pada Sabtu (26/11/2022) menjadi puncak acara Hari Guru dengan acara gerak jalan santai, Bazaar, hingga panggung hiburan menampilkan penyanyi kenamaan Hedi Yunus serta penampilan dari para guru se-Kota Cimahi.

PJ. Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan menyatakan terima kasih dan penghargaan setinggi – tingginya kepada para guru dan seluruh elemen dunia pendidikan se-Kota Cimahi pada peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022. "Terima kasih tak terhingga kepada guru dan tenaga kependidikan di Kota Cimahi yang tetap semangat memberi kontribusi pada dunia pendidikan di Kota Cimahi," ujarnya.

Tema Hari Guru kali ini adalah "Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar"

"Tema ini mengandung arti bahwa meskipun masih dalam kondisi pandemi, tetapi menyimpan semangat belajar," ucapnya.
Menurutnya, merdeka belajar memberikan ruang dan kesempatan pada para guru untuk berinovasi dalam proses belajar mengajar. Sehingga melahirkan anak didik yang lebih kreatif, lebih mandiri, dan mampu bertarung dalam era globalisasi.

"Peran sentral guru untuk menyiapkan anak didik menjadi sangat penting, karena tidak akan seseorang menjadi sukses tanpa adanya peran guru," sebutnya.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah guru mendapat apresiasi atas prestasi yang diraih di tahun 2022. Penghargaan diberikan kepada jajaran guru yang berhasil meraih juara pada lomba Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kota Cimahi.

Diberikan hadiah kepada para pemenang yaitu uang pembinaan dari Pemkot Cimahi dan hadiah hiburan laptop untuk juara 1 dan HP untuk pemenang 2 dan 3 tiap kategori dari BJB.

"Dalam rangka peringatan Hari Guru, kami memberi penghargaan sesuai hasil lomba Apresiasi GTK Kota Cimahi. Terlihat peserta antusias memperlihatkan hasil kreatifitas dan inovasi dalam belajar sehingga patut kami apresiasi," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi Harjono.

Ada 14 kategori yang dilombakan, namun 4 kategori tidak terdapat peserta. "Peserta dari jenjang PAUD/TK-SD-SMP banyak peminat. Cuma, dari kategori operator sekolah tidak ada peminat," katanya.

Harjono mengatakan, kegiatan tersebut menjadi salah satu upaya untuk memberikan penghargaan pada GTK. "Diharapkan guru-guru semakin bersemangat dalam inovasi pembelajaran terutama dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar," tuturnya.**