Loading...

Kota Cimahi Raih Penghargaan Adipura Tahun 2022

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 01 Maret 2023 1253 kali dilihat
Bagikan:
Kota Cimahi Raih Penghargaan Adipura Tahun 2022

CIMAHI - Kota Cimahi berhasil meraih sertifikat Adipura Tahun 2022 Kategori Kota Besar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia pada puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Februari 2023.

Diraihnya sertifikat tersebut atas upaya kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi dalam pengelolaan sampah, dan ruang terbuka hijau wilayah kota tahun 2022.

Sertifikat adipura diserahkan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, didampingi Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Rosa Vivien Ratnawati, kepada Pj. Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan.

Turut hadir dalam penyerahan sertifikat Adipura tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Huzen Rachmadi.

Menurut Dikdik, keberhasilan meraih sertifikat Adipura merupakan upaya yang tidak hanya dilakukan Pemkot Cimahi saja, melainkan juga semua elemen masyarakat.

"Kita menerima penghargaan Adipura kategori kota besar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang langsung diberikan oleh Ibu Menteri. Penghargaan ini hasil dari kerjasama antara seluruh pihak, termasuk masyarakat di dalamnya," ujar Dikdik.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Huzen Rachmadi menambahkan, Kota Cimahi sudah meraih piala Adipura 7 kali, di tahun 2009, 2010, 2012, 2013, 2015 untuk kategori kota sedang. Dan dahun 2016 dan 2017 untuk kategori kota besar

"Kita mendapat 7 kali piala (adipura), sekarang sertifikat. Karena kita tidak ada TPA, dan TPA-nya masih open damping di TPA Sarimukti," katanya.

Huzen menjelaskan, ada beberapa penilaian dalam anugrah Adipura ini, di antaranya sinkronisasi data Sistem Informasi Pengolahan Sampah Nasional (SIPSN) dengan pengurangan dan penanganan sampah yang ada di lapangan, penilaian Ruang Terbuka Hijau (RTH), dan kebersihan Kota.

"Catatan untuk selanjutnya, pilah sampah untuk kesejahteraan rakyat, Cimahi mensikapinya dengan mendeklarasikan Grak Ompipah, yaitu Gerakan Orang Cimahi Pilah Sampah sejak 21 Februari 2023, bertepatan dengan HPSN. Mari kita sukseskan Grak Ompipah bersama-sama, berkolabkrasi, bersinergi, berinovasi dari semua kalangan," tutur Huzen.

Dengan diraihnya sertifikat Adipura ini, pihaknya berharap agar masyarakat dapat menjaga kebersihan, dan termotivasi tidak membuang sampah sembarangan, serta melakukan pemilahan sampah melalui Grak Ompipah.

"Semua unsur stakeholder pentahelix, agar dapat berkolaborasi mensukseskan Grak Ompipah. Agar sampah bisa kita kurangi, dan sampah kita olah menjadi sirkulasi ekonomi untuk kesejahteraan nasyarakat," tutup Huzen.