Loading...

Musrenbang 2024, Jadi Acuan Rencana Kerja Pemkot Cimahi Untuk Pembangunan 2024

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 17 Maret 2023 1858 kali dilihat
Bagikan:
Musrenbang 2024, Jadi Acuan Rencana Kerja Pemkot Cimahi Untuk Pembangunan 2024
CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi menggelar agenda Musyawarah rencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Cimahi tahun 2024. Musrenbang merupakan tahapan penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan akhir RKPD melalui tahapan berjenjang yang akan menjadi pedoman dalam penyusunan APBD Kota Cimahi tahun 2024.

Pelaksanaan Musrenbang Kota Cimahi 2024 berlangsung di Gedung Cimahi Techno Park Jalan Baros - Kelurahan Utama Kota Cimahi, Jumat (17/3/2023). Kegiatan turut dihadiri jajaran Forkopimda Kota Cimahi dan perwakilan masyarakat di 15 kelurahan se-Kota Cimahi.

Pj. Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan menyatakan terima kasih kepada seluruh peserta musrenbang sejak dari tingkat RT/RW yang meluangkan waktu, tenaga dan pikiran, dalam FGD Pra-Musrenbang membahas kebijakan RKPD Kota Cimahi 2024. "Musrenbang menjadi puncak dari proses perencanaan pembangunan partisipatif secara berjenjang yang telah disepakati bersama dan ditandatangani. Saya berharap rangkaian proses Musrenbang tidak sekadar agenda rutin sebagai pemenuhan regulasi, tapi dilaksanakan untuk menghasilkan kebijakan perencanaan pembangunan yang memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Tema pembangunan Kota Cimahi yang akan diusung dalam RKPD tahun 2024 adalah: "Pemantapan Stabilitas Perekonomian dan Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia". Tema tersebut diusung dalam rangka antisipasi terhadap ketidakpastian global yang berpotensi adanya ancaman inflasi akibat krisis energi dan pangan serta penurunan permintaan pasar terutama pasar ekspor terhadap produksi dalam negeri.
"Pada tahun 2022, laju pertumbuhan ekonomi Kot Cimahi sebesar 5,92%, melebihi target yang ditetapkan yaitu 5,11%.  Hal ini menunjukkan aktivitas perekonomian daerah mulai membaik serta daya beli masyarakat yang meningkat seiring berdampaknya program pemerintah dalam usaha pemulihan ekonomi daerah. Karena itu, kami berupaya terus menjaga dan memantapkan stabilitas perekonomian Kota Cimahi lewat tema pembangunan yang telah ditetapkan," jelasnya.

Pemerintah pusat mencanangkan pelaksanaan reformasi birokrasi (RB) tematik di kementerian, lembaga, dan daerah, sebagai instrumen untuk mempercepat pencapaian agenda prioritas pemerintah terutama penanggulangan kemiskinan dan peningkatan investasi. RB tematik merupakan upaya dan sarana mengurai dan menjawab permasalahan tata kelola pemerintahan yang dirasakan secara langsung oleh masyarakat sehingga instansi pemerintah dapat lebih fokus dalam menyelesaikan setiap masalah tersebut.

Terdapat empat fokus dalam RB tematik yakni birokrasi untuk pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi administrasi pemerintahan, serta program aktual prioritas presiden dan wakil presiden.

"Fokus RB tematik tersebut sejalan dengan isu strategis RKPD tahun 2024, yaitu kemiskinan, kualitas dan daya saing sdm, kualitas pembangunan ekonomi, tata kelola pemerintahan serta daya dukung dan daya tampung lingkungan. Saya mendorong perencanaan program dan kegiatan dalam RKP 2024 agar memperhatikan juga fokus dalam implementasi RB tematik sehingga seluruh pembangunan berdampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat Kota Cimahi," jelasnya.

Pihaknya bangga masyarakat dan ASN Pemkot Cimahi bersatupadu ikut bersama membangun Kota Cimahi sesuai perannya masing-masing sehingga banyak prestasi diraih Kota Cimahi. "Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh hadirin yang telah berkontribusi dalam mewujudkan visi Kota Cimahi yaitu "Cimahi Cerdas". Semoga kita diberi kemudahan dalam menghadapi tantangan dalam membangun Kota Cimahi yang kita cintai ini," tuturnya.***