Loading...

Wujud Dukungan Terhadap Komunitas Petani Disabilitas, Pemkot Cimahi Serahkan Bantuan Traktor Dan Alat Pertanian

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 05 Mei 2023 1616 kali dilihat
Bagikan:
Wujud Dukungan Terhadap Komunitas Petani Disabilitas, Pemkot Cimahi Serahkan Bantuan Traktor Dan Alat Pertanian

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi memberi bantuan peralatan pertanian kepada Perhimpunan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Cimahi dan Kelompok Tani Mandiri (Tuman) Kota Cimahi.

Bantuan alat tersebut sebagai bentuk komitmen Pemkot Cimahi untuk mendukung para penyandang disabilitas yang ada di Kota Cimahi. Pada kesempatan tersebut, Pemkot Cimahi menyerahkan bantuan berupa 1 unit Kultivator (Hand Traktor) dan beberapa peralatan perkebunan kepada Kelompok Tani Mandiri (Tuman) Kota Cimahi.

Selain itu dilakukan audiensi dengan komunitas tersebut membahas kegiatan pertanian yang dilakukan warga disabilitas. Pj. Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan mengatakan, meski memiliki keterbatasan para penyandang disabilitas harus tetap produktif dan kreatif. 

"Para penyandang disabilitas harus tetap produktif. Jangan karena keterbatasan mereka berhenti untuk produktif dan kreatif," ungkapnya. 

Kelompok Tani Mandiri (Tuman) merupakan kelompok pemberdayaan disabilitas yang bergerak di bidang pertanian. Kelompok Tuman berada dibawah binaan PPDI Kota Cimahi. 

Ketua PPDI Kota Cimahi Muhammad Taufik mengapresiasi keterbukaan dari Pemkot Cimahi terhadap warga penyandang disabilitas yang ada di Kota Cimahi. Menurutnya hal ini merupakan sebuah langkah maju bagi pemerintah untuk mendukung warga disabilitas bisa mandiri dan terkarya. 

"Terimakasih kepada Pemkot Cimahi. Peralatan ini akan sangat membantu bagi para petani disabilitas," ujarnya. 

Saat ini kelompok disabilitas  Tuman tengah menggarap budidaya beberapa hasil perkebunan. Seperti baby pakcoy, hingga penanaman cabai dengan bibit bantuan dari Pemkot Cimahi. Hasil produksi pertania yang didapat Akan dijual untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi para penyandang disabilitas yang bergerak di bidang pertanian tersebut di Kota Cimahi.***