Loading...

Kota Cimahi Fasilitasi Angkatan Kerja Untuk Tingkatkan Kompetensi Sesuai Kebutuhan Industri

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 22 Mei 2023 916 kali dilihat
Bagikan:
Kota Cimahi Fasilitasi Angkatan Kerja Untuk Tingkatkan Kompetensi Sesuai Kebutuhan Industri

CIMAHI.- Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas kesempatan kerja. Hal itu terutama bagian dari upaya penanganan permasalahan angka pengangguran di Kota Cimahi.

Bagian dari upaya tersebut, Pemkot Cimahi menggelar kegiatan Pelayanan Antar Kerja yang digelar di gedung Cimahi Techno Park Jalan Baros Kota Cimahi. Kegiatan diikuti perwakilan siswa SMA/SMK se-Kota Cimahi.

Pj. Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan mengatakan, pada era globalisasi perkembangan perdagangan bebas menuntut peningkatan kualitas tenaga kerja di berbagai level agar mampu berdaya saing.

"Penambahan jumlah penduduk di Kota Cimahi berdampak pula terhadap masyarakat pencari kerja yang harus mampu bersaing dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia industri yang sudah tersertifikasi," ujarnya.

Pemkot Cimahi telah menggalakkan berbagai  pelatihan dan kegiatan sertifikasi untuk masyarakat. "Kegiatan itu bukan sekedar mengurangi pengangguran, tapi untuk mendorong mewujudkan Cimahi Maju dengan sumber daya manusia unggul yang dapat memenuhi tuntutan dunia kerja dan mengembangkan lapangan kerja secara mandiri," katanya.

Berbagai upaya yang dilakukan sejalan dengan tema pembangunan kota cimahi tahun 2023 yaitu "Penguatan stabilitas sosial, daya saing ekonomi dan sumber daya manusia yang didukung dengan penguatan reformasi birokrasi".

"Penguatan daya saing sumberdaya manusia dapat diwujudkan salah satunya adalah dengan membekali sdm dengan kompetensi yang memadai dan mampu berdaya saing. Selanjutnya adalah bagaimana tenaga kerja dapat terserap oleh dunia kerja sehingga dapat hidup layak, berkualitas dan sejahtera," jelasnya.

Adanya permasalahan dalam perluasan kesempatan kerja di Kota Cimahi disebabkan karena fokus perkembangan pertumbuhan ekonomi hanya pada peningkatan angka pertumbuhan ekonomi. Namun demikian, pertumbuhan ekonomi juga harus mampu menciptakan kesempatan kerja bagi masyarakat.

Cimahi dengan angka tingkat pertumbuhan angkatan kerja (TPAK) yang sangat besar dapat menjadi modal untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. "Peningkatan jumlah penduduk harus Selasar dengan peningkatan skill (kompetensi) pencari kerja agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.  terbatasnya lapangan kerja serta.

Menyikapi perkembangan kondisi tersebut, diperlukan kebijakan strategis untuk memberikan data tenaga kerja yang akurat melalui aplikasi Sidakep Mobile yang menjembatani 5 pilar yaitu pencari kerja, perusahaan, pemerintah, lembaga pelatihan kerja (lpk), dan bursa kerja khusus (BKK) untuk dapat mengatasi permasalahan ketenagakerjaan," tuturnya.

Pihaknya berharap, para pencari kerja, perusahaan, lembaga pelatihan ketenagakerjaan, para alumni bkk dan lpk dapat secara online memanfaatkan fasilitas  melalui akses ke playstore sidakeptri mobile atau web https://sidakeptri.cimahikota.go.id, agar selalu dapat update  informasi peluang kerja yang selalu up to date.

Pihaknya menyatakan penghargaan kepada berbagai pihak yang memiliki komitmen bersama dalam bidang ketenagakerjaan di Kota Cimahi
"Semoga dapat bermanfaat dan membawa dampak positif dalam hubungan yang saling menguntungkan antara dunia kerja dan para pencari kerja yang tentunya menjadi urusan kami di pemerintahan dalam memberikan solusinya," tandasnya.***