Loading...

Cegah Rabies dan Flu Burung, Pemkot Cimahi Gratiskan Vaksinasi Hewan dan Unggas Lainnya

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 26 Mei 2023 535 kali dilihat
Bagikan:
Cegah Rabies dan Flu Burung, Pemkot Cimahi Gratiskan Vaksinasi Hewan dan Unggas Lainnya

CIMAHI - Pencegahan penyakit flu burung dan rabies terus dilakukan Pemkor Cimahi melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan). Di antaranya dengan melakukan vaksinasi gratis.

Vaksinasi tersebut sebagai langkah antisipasi adanya hewan peliharaan warga seperti kucing, anjing, musang, dan kera yang rentan terpapar rabies, serta unggas yang bisa terpapar flu burung. Mengingat dua virus tersebut bisa menular pada manusia atau bersifat zoonosis prioritas.

Kepala Bidang Pertanian Dispangtan Kota Cimahi, Mita Mustikasari mengatakan, pihaknya memang secara rutin melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan milik warga. Tahun ini disiapkan total sebanyak 1.900 dosis vaksin flu burung dan rabies, dengan rincian vaksin rabies sebanyak 1.300 dosis, dan vaksin flu burung 600 dosis.

"Sekarang minat masyarakat meningkat untuk membawa hewan peliharaannya divaksinasi. Jadi untuk vaksin rabies kita tambah dari 1.050 dosis, menjadi 1.300 dosis," kata Mita pada Jumat (26/5/2023).

Medik Veteriner Ahli Pertama Dispangtan Kota Cimahi,  drh. Muhammad Faiz Labib mengatakan vaksinasi rabies dan flu burung ini sangat penting untuk melindungi masyarakat agar tidak tertular penyakit tersebut dari hewan peliharaannya.

"Terutama yang hidup berdampingan dengan hewan, karena penyakit flu burung dan rabies itu merupakan penyakit zoonosis prioritas sampai saat ini. Mengingat rabies apabila menular kepada manusia obatnya belum ada, dan kematian itu sangat dekat apabila tertular rabies, hampir tidak bisa diselamatkan," ungkapnya.

Sehingga, kata Faiz, untuk antisipasi hal tersebut juga untuk menjaga Kota Cimahi yang saat ini statusnya nol kasus, Dispangtan Kota Cimahi melakukan vaksinasi terhadap hewan yang sehat supaya tidak tertular dari hewan yang sakit. "Jadi bisa menjaga masyarakat juga," ucapnya.

Diakui Faiz, jumlah masyarakat yang memvaksin hewan peliharaanya dari tahun ke tahun terus meningkat. Terutama masyarakat yang membawa hewan seperti kucing, anjing dan unggas lainnya.

"Vaksin rabies kalau misalkan vaksin mandiri  ke klinik hewan mungkin biaya yang dikeluarkan bisa Rp150 ribu minimalnya. Ini kami bisa berikan Alhamdulillah ke masyarakat secara gratis, sehingga masyarakat juga antusiasnya tinggi," tuturnya.