Loading...

Layanan Vaksinasi Hewan Gratis Kembali Digelar

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 26 Mei 2023 1607 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

CIMAHI.- Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi kembali menggelar layanan vaksinasi untuk masyarakat Kota Cimahi. Kegiatan tersebut digelar secara gratis sebagai upaya pencegahan penyakit pada hewan.
Jenis vaksin yang diberikan yaitu vaksin flu burung untuk ayam, bebek, dan entog, burung. Serta vaksin rabies dengan hewan sasaran kucing, anjing, monyet, dan musang.

"Untuk tahun 2023, layanan vaksinasi hewan gratis sudah mulai dilanjutkan," ujar ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pertanian Dispangtan Kota Cimahi Mita Mustikasari.

Dia menyatakan, pihaknya secara rutin melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan milik masyarakat. Diakuinya, masyarakat sangat antusias membawa hewan peliharaannya untuk di vaksin rabies dan flu burung. "Setiap pelaksanaan vaksin memang warga sangat antusias," ucapnya. Untuk tahun 2023, Dispangtan Kota Cimahi menyediakan sebanyak 1.300 dosis vaksin rabies, serta 600 dosis vaksin flu burung.

"Disiapkan debanyak 1.300 dosis vaksin rabies, serta 600 dosis vaksin flu burung," ucapnya.

Pihaknya tidak membatasi jumlah hewan yang akan di vaksin. "Selama vaksinnya tersedia kita layani," katanya. Pelaksanaan vaksin rabies dan flu burung berlangsung secara bergiliran di 15 kelurahan di Kota Cimahi. Penjadwalan dilakukan oleh pihak kelurahan.

"Penjadwalan diserahkan ke kelurahan berikut menentukan lokasi. Masyarakat akan diinformasikan terlebih dahulu untuk program vaksinasi gratis bagi hewan ini sesuai dengan layanan yang tersedia. Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk mencegah penularan penyakit hewan berbahaya,"  tuturnya.***