Loading...

Ratusan Rumah di Kota Cimahi Diperbaiki Pemerintah Tahun Ini

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 30 Mei 2023 2022 kali dilihat
Bagikan:
Ratusan Rumah di Kota Cimahi Diperbaiki Pemerintah Tahun Ini

CIMAHI - Sebanyak 732 unit rumah di Kota Cimahi Rumah Layak Tidak Huni (Rutilahu) di Kota Cimahi bakal mendapat perbaikan dari rumah tahun ini. Perbaikan dilakukan bagi rumah yang memenuhi kriteria.

Bantuan perbaikan rumah gratis itu bersumber dari anggaran Pemkot Cimahi sebanyak 519 unit, dari anggaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebanyak 160 unit dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebanyak 53 unit.

Sebagai tanda dimulainya program Rutilahu tahun ini, Pemkot Cimahi melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman melakukan sosialisasi kepada penerima pada Senin (29/5/2023) di Aula Cimahi Techno Park.

Penjabat Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan mengatakan, program ini memerlukan keterlibatan pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Sebab memang dari proses pendataan sampai dengan pelaksanaan fisiknya mungkin menjadi sorotan masyarakat.

"Untuk itu dari tahap seleksi, usulan, verifikasi dan penetapan, saya harapkan dilaksanakan dengan teliti dan benar-benar sesuai dengan kondisi nyata di lapangan, sehingga tidak menimbulkan polemik di masyarakat," kata Dikdik.

Dikdik berpesan kepada segenap aparatur pemerintahan, BKM dan dunia usaha serta masyarakat untuk benar-benar memegang amanah yang diberikan agar program ini tepat sasaran. Jangan sampai, tegas dia, ada pihak-pihak yang berpikiran untuk mendapatkan keuntungan pribadi ataupun kelompok.

"Dan harus diingat bahwa penyalahgunaan kewenangan,  penyimpangan prosedur dan penyelewengan yang dilakukan tentunya akan mendapatkan sanksi sesuai aturan perundangan yang berlaku. Oleh karena itu saya berpesan marilah kita laksanakan program ini dengan baik, akuntable dan transparan, sehingga dapat bermanfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat," tegas dia.

Dikdik berharap dengan bantuan program ini, upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan warganya dapat dirasakan oleh masyarakat kota cimahi yang tentunya menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat.

"Saya juga berharap Kota Cimahi bisa rutin setiap tahun mendapatkan bantuan perbaikan rutilahu dari Provinsi Jawa Barat dan Balai Pelaksana Perumahan Jawa II, bahkan jika memungkinkan kuotanya terus ditingkatkan untuk kota cimahi ini agar rumah tidak layak huni yang ada di Kota Cimahi ini bisa cepat berkurang," katanya.