Loading...

Masjid Agung Kota Cimahi Bakal Direhab Tahun ini

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 21 Juni 2023 1222 kali dilihat
Bagikan:
Masjid Agung Kota Cimahi Bakal Direhab Tahun ini

CIMAHI - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi bakal merehabilitasi Masjid Agung Cimahi bakal direnovasi tahun ini. Rehab masjid bersejarah itu sudah memasuki tahapan lelang.

"Betul kita tahun ini ada rehabilitasi Masjid Agung Cimahi. Tapi rencananya hanya pada bagian atapnya saja," kata Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi, Endang pada Selasa (20/6/2023).

Dia mengatakan, proyek rehabilitasi atap Masjid Agung itu sudah memasuki tahapan lelang. Endang berharap proses lelang bisa berjalan lancar dam segera ditemukan pemenangnya sehingga proses fisik segera dimulai.

"Sekarang masih proses lelang. Mudah-mudahan September bisa selesai rehabilitasi Masjid Agung Cimahi," ucap Endang.

Kepala Bidang Tata Bangunan dan Konstruksi pada DPUPR Kota Cimahi Fitriyadi mengatakan, untuk merehabilitasi Masjid Agung Cimahi itu pihaknya menyiapkan Rp 5 miliar. Semua anggarannya bersumber dari APBD Kota Cimahi tahun ini.

"Pagu anggarannya Rp 5 miliar, semuanya dari APBD full. Sekarang sedang dalam proses lelang, mudah-mudahan secepatnya bisa segera dimulai fisik kalau sudah ada pemenang lelangnya," terangnya.

Fitriyadi mengatakan, perbaikan atap Masjid Agung Cimahi sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu namun baru akan terealisasi tahun ini. Perbaikan dilakukan karena atap yang tepasang saat ini sudah mengalami kebocoran.

"Pekerjaan utamanya atap karena memang sudah pada bocor jadi akan ganti. Mungkin ya sedikit yang terkena dalam ada item yang lain (ikut diperbaiki)," kata Fitriyadi.

Dirinya menyebutkan, konstruksi atap yang awalnya menggunakan space frame akan diganti menggunakan baja agar lebih kuat dan tahan lama. Sedangkan penutup atapnya tetap menggunakan genteng beton.

"Konstruksi atapnya saja yang diganti. Asalnya menggunakan space frame menjadi menggunakan baja. Penutup atapnya menggunakan genteng beton," jelasnya.