Loading...

Warga Cimahi Harus Tahu, Begini Tampilan Wajah Baru Alun-alun Cimahi

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 26 Juli 2023 8444 kali dilihat
Bagikan:
Warga Cimahi Harus Tahu, Begini Tampilan Wajah Baru Alun-alun Cimahi

CIMAHI - Tak lama lagi, warga Kota Cimahi bisa menikmati alun-alun dengan wajah baru. Alun-alun yang berada di pusat Kota Cimahi itu sudah direnovasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sejak awal tahun ini.

Alun-alun Cimahi yang berdampingan dengan Masjid Agung Cimahi itu mulai diperbaiki sejak awal tahun 2023 menggunakan anggaran dari Pemprov Jabar. Nilai kontraknya mencapai sekitar Rp14 miliar lebih.

Penjabat Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan berharap dengan tampilan baru Alun-alun Cimahi ini bisa menarik minat masyarakat sehingga tidak harus pergi jauh-jauh ke Kota Bandung. Apalagi di kawasan Alun-alun Cimahi juga banyak pusat-pusat perbelanjaan.

"Begitu Alun-alun Cimahi selesai yang harus dilakukan adalah bagaimana menjaga hasil pembangunan ini agar benar-benar dapat dinikmati masyarakat," kata Dikdikm

Dikdik berharap dengan tampilan baru yang menurutnya lebih refresentatif bisa lebih menyedot pengunjung. Sehingga pusat-pusat perbelanjaan yang ada di sekitar Alun-alun Cimahi bisa ikut terdongkrak dari sisi perekonomiannya.

"Kita berharap iklim ekonomi berkembang dengan baik, maka setiap pertokoan atau pusat-pusat belanja banyak yang memanfaatkan berbelanja di sana," ujar Dikdik.

Dirinya mengatakan, setelah rampung nanti pihaknya akan membahas terkait penggunaan dan penataan Alun-alun Cimahi. Termasuk lokasi keberadaan para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang sebelumnya kerap berjualan di kawasan tersebut.

"Insya Alloh kami akan jaga, akan dipelihara aset ini. Nanti kita akan bahas apa yang hatus dilakukan, bagaimana penggunaan alun-alun, termausk toko-toko di sekitarnya," kata Dikdik.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Cimahi Endang menambahkan, progres revitalisasi Alum-alun Cimahi yang biaya sepenuhnya dari Pemprov Jabar ini sudah menyentuh 90 persen.

"Progresnya sudah sekitar 90 persen. Kalau kontraknya itu sampai tanggal 7 Agustus. Jadi masih ada waktu," terang Endang.

Dia mengatakan, berdasarkan siteplane yang sudah dibuat,  Alun-alun Cimahi kini dilengkapi dengan main entrance, Plaza Barat, Plaza Timur, air mancur, traf dan tugu, playground, service area, akses basement, tangga basement, Taman Blumbak, Plaza Masjid hingga drop area.

Endang menjelaskan, konsep Alun-alun Cimahi adalah "Heritage Entertainment dan Religious Space" yang bertujuan untuk mendukung Kota Cimahi sebagai kota yang bernuansa sejarah dan militer.

"Karakter dari site-nya kan alun-alun aktif tempat berkumpul masyarakat dan bermain anak-anak serta menyatu dengan Masjid Agunh Cimahi sehingga iti jadi dasar penentuan konsepnya," jelas Endang.