Loading...

Kota Cimahi Dorong Pemenuhan Hak Anak Demi Terwujud Generasi Penerus Tangguh Dan Berkualitas

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 09 Agustus 2023 781 kali dilihat
Bagikan:
Kota Cimahi Dorong Pemenuhan Hak Anak Demi Terwujud Generasi Penerus Tangguh Dan Berkualitas
CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi mengajak semua lapisan masyarakat untuk memberikan perlindungan dalam rangka pemenuhan hak anak. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan generasi penerus Kota Cimahi dengan masa depan yang tangguh dan berkualitas.
Demikian diungkapkan PJ. Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan dalam Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023 bertempat di Selasar Gedung B Kantor Pemerintahan Kota Cimahi. 

Peringatan HAN Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023 diinisiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Cimahi yang dilaksanakan secara tatap muka, diikuti oleh perwakilan siswa-siswi tingkat SD Negeri dan swasta se Kota Cimahi.
Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2023 yang jatuh pada setiap tanggal 23 Juli ini mengangkat Tema "ANAK TERLINDUNGI, INDONESIA MAJU" dengan Tagline #BERANIKARENAPEDULI : Anak menjadi agen perubahan dalam menyuarakan hak-haknya. 

"Peringatan Hari Anak Nasional merupakan momen penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi" ujar Pejabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan.
Ia menyebutkan, peringatan HAN merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak.

"Terutama atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi," ucapnya.

Anak Indonesia menempati hampir sepertiga dari total penduduk indonesia yang merupakan generasi penerus bangsa yang harus dijamin pemenuhan hak dan perlindungannya. Berbagai permasalahan yang menimpa anak-anak seperti kekerasan, perkawinan anak, anak berhadapan dengan hukum dan lain sebagainya. 

"Tentunya menjadi tantangan bagi bangsa indonesia untuk mewujudkan generasi yang tangguh dan berkualitas," katanya.

Pihaknya mendoakan kebaikan bagi anak-anak Kota Cimahi. "Semoga anak-anak di kota Cimahi ini, menjadi anak-anak yang soleh, yang baik, yang patuh dan taat kepada orang tua dan gurunya di sekolah. Himbauan kepada masyarakat Kota Cimahi, yang terberat dalam membangun kota ini adalah bagaimana kita menyiapkan masa depan anak-anak. Oleh karena itu pastikan anak-anak kita mendapatkan yang terbaik dalam segala hal dan terhindar dari semua pengaruh negatif" tuturnya.

Melalui Peringatan  Hari Anak Nasional ke-39 tahun 2023, Dikdik mengajak seluruh stakeholder di Kota Cimahi dan seluruh komponen masyarakat meningkatkan komitmen mengupayakan pemenuhan dan perlindungan anak Indonesia. "Mari kita bangun semangat baru dalam membangun bangsa melalui upaya pemenuhan dan perlindungan anak dari berbagai gangguan yang membahayakan masa depan anak, demi mewujudkan indonesia layak anak pada tahun 2030 dan indonesia emas 2045," tandasnya.***