Loading...

Peningkatan Kapasitas Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Untuk Sigap Tangani Bencana Kota Cimahi

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 10 Agustus 2023 1523 kali dilihat
Bagikan:
Peningkatan Kapasitas Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Untuk Sigap Tangani Bencana Kota Cimahi
CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Rekasi Cepat Penanggulangan Bencana  (TRC-PB). Sebagai daerah dengan potensi bencana alam, masyarakat diharapkan selalu waspada terhadap berbagai ancaman bencana.

Pelatihan diikuti oleh 80 orang peserta terdiri dari unsur TNI, POLRI, Kajari, Perangkat Daerah, unsur Kecamatan, Kelurahan, PLN, PDAM, PMI, TAGANA, Kwarcab Gerakan Pramuka, Senkom, KIC, RAPI, ORARI dan unsur organisasi Relawan yang tergabung dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kota Cimahi. Kegiatan berlangsung di Plaza Rakyat Pemkot Cimahi.

Pj. Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan menyampaikan,  pelatihan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas yang disiapkan saat tanggap darurat bencana. Materi  terutama dalam menangani masalah pengungsi, penyelamatan, serta pemulihan prasarana dan sarana. 
"Berbagai bencana yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia memberikan pembelajaran bagi kita bahwa banyaknya korban jiwa dan harta benda dalam musibah terjadi karena kurangnya pengetahuan dan ketidaksiapan masyarakat. Oleh karenanya, penting bagi kita menyusun perencanaan dan pengaturan dalam penanggulangan bencana," ujarnya.

Dengan berbagai pelatihan,  sosialisasi dan edukasi terkait kebencanaan, secara keseluruhan menjadi bentuk komitmen dan tanggung jawab bersama dalam melindungi dan memberikan pelayanan serta rasa aman kepada masyarakat Kota Cimahi. 

"Dedikasi dalam menghadapi bahaya dan kesulitan untuk melindungi orang lain adalah inspirasi bagi kita semua. Kepemimpinan dan koordinasi yang baik dalam tim, serta pelatihan yang terus-menerus, semoga dapat meningkatkan kemampuan dalam menangani berbagai situasi darurat dengan tepat dan efisien," katanya.

Pihaknya berharap Tim Reaksi Cepat bisa menjadi indikator kesiapan dalam menghadapi bencana. "Melihat potensi Kota Cimahi rawan bencana karena berada di sesar Lembang. Mudah-mudahan melalui Tim Reaksi Cepat ini bisa dengan cepat, sigap dan efisien melakukan penanganan bencana bilamana bencana itu terjadi," tuturnya.  

Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi Fithriandy Kurniawan menambahkan, dengan optimalisasi penanganan darurat bencana (OPDANA) lintas sektor dan penerapan SOP penanganan darurat bencana, diharapkan penanganan bencana bisa lebih terencana, terkoordinasi dan terkomando serta bisa berjalan secara cepat dan tepat sesuai amanat Undang - Undang No 24 Tahun 2007 dalam mewujudkan ketangguhan negara menghadapi bencana.

"Tanggap daruarat bencana adalah satu hal yang menjadi agenda Pemerintah Kota Cimahi guna mempersiapkan masyarakat agar lebih siap bilamana sewaktu-waktu terjadi bencana," ujarnya.***