Loading...

BLUD Air Minum Kota Cimahi Pasok Bantuan Air Bersih Setiap Hari

Rano Hardiana 15 September 2023 2237 kali dilihat
Bagikan:
BLUD Air Minum Kota Cimahi Pasok Bantuan Air Bersih Setiap Hari
CIMAHI - Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) Air Minum Kota Cimahi setiap hari memasok bantuan air bersih ke wilayah terdampak. Sebanyak 35.000-40.000 liter per hari didistribusikan ke wilayah yang mengalami kesulitan air bersih.

"Rutin kita kirim, tapi beda-beda lokasinya. Seperti hari ini ada beberapa lokasi yang kita salurkan air bersih. Satu titik lokasi biasanya kita salurkan 1 tengki dengan kapasitas 5000 liter dengan pasokan per hari 35-40. ribu liter dari 7-8 tangki" terang Kepala BLUD Kota Cimahi, Amat, Jumat (15/9/2023).

Diakui Amat saat ini jumlah wilayah yang meminta bantuan air bersih mengalami penambahan, dari asalnya empat kelurahan  yakni Cipageran, Leuwigajah, Citeureup, dan Cibeber. Kini bertambah dua kelurahan, yakni   Cibabat dan Pasirkaliki

"Dalam satu kelurahan tidak semua RW kekeringan, hanya beberapa RW saja," ucap dia.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Cimahi, Endang mengatakan ketersediaan air bersih yang ada di SPAM yang berada di kawasan perkantoran Pemkot Cimahi itu masih bisa menyuplai bantuan bagi warga yang mengalami kesulitan air bersih selama musim kemarau tahun ini.

Meskipun, kata dia, debit air Sungai Cimahi yang menjadi sumber air baku SPAM mengalami penurunan karena musim kemarau. "Memang debit air sungai yang digunakan ada penurunan 10-20 persen dimusim kemarau ini. Debit totalnya itu sekitar 120 liter per detik," kata Endang.

Meski begitu, Endang memastikan produksi air bersih seriap harinya tetap normal sehingga distribusi terhadap 4.550 Sambungan Rumah (SR) di Kota Cimahi tetap aman. Sebab, air baku yang diambil setiap harinya hanya 50 liter per detik.

"Aman untuk pasokan air baku karena sisa debit masih cukup besar. Debit total sekitar 120 liter per detik, yang diambil untuk air baku 50 liter detik," terang Endang.

Sebab debit air bakunya masih besar, pihaknya pun tahun ini akan menambah kapasitas produksi air bersih sebanyak 30 liter per detik. Rencananya kapasitas tambahan itu akan didistribusikan bagi 2.500 SR di wilayah Cigugur Tengah dan Cibeureum.