Loading...

Karya Bakti Bersama Masyarakat, Wujud Kemanunggalan TNI-Koramil 0911 Cimahi Utara dengan Rakyat

Rano Hardiana 04 Desember 2023 1637 kali dilihat
Bagikan:
Karya Bakti Bersama Masyarakat, Wujud Kemanunggalan TNI-Koramil 0911 Cimahi Utara dengan Rakyat

CIMAHI - “Kemanunggalan TNI-Rakyat” Semangat itulah yang sedang dilakukan oleh personel Koramil 0911/Cimahi Utara dan Koramil 0904/Batujajar Kodim 0609/Cimahi bersama warga masyarakat pada kegiatan karya bakti pembersihan sungai dari sampah dan rumput liar disepanjang sungai Ciawitali di Kp. Ciawitali RW 10 Ciawitali Kelurahan Citeureup Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi, Minggu (3/12/2023).

Karya bakti pembersihan sungai yang diikuti oleh kurang lebih 40 orang tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir di musim penghujan serta membangun kesadaran untuk bersama-sama aktif menjaga kebersihan bantaran dan aliran sungai agar aliran sungai menjadi lancar dan bantaran sungai dapat dimanfaatkan warga untuk dilalui secara aman.

Danramil 0911/Cimahi Utara Kapten Caj (K) Susilowati saat ditemui dilapangan menyampaikan bahwa kegiatan kemanunggalan TNI Rakyat sudah sering dilakukan Koramil 0911/Cimahi Utara dengan masyarakat, tetapi pada kegiatan hari ini difokuskan pada pembersihan bantaran dan aliran sungai karena sudah memasuki musim penghujan. “Mencegah lebih baik dilakukan daripada mengatasi. Makanya kami mengajak masyarakat Ciawitali untuk bersama sama melaksanakan pembersihan sungai sebagai upaya untuk mencegah terjadinya banjir karena intensitas hujan yang sudah mulai sering di wilayah Cimahi.” Imbuh Susi.

“Manfaat lain yang kami dapat pada kegiatan hari ini, kami dapat melihat kerawanan lain selain banjir yaitu adanya bantaran tembok sungai yang sudah retak dan rawan terjadi longsor yang sangat membahayakan warga karena rumah warga yang mepet dengan bantaran sungai. Hal tersebut sudah kami laporkan ke kelurahan melalui Taruna Siap Bencana (Tagana) Kelurahan Citeureup.” Tambah Susi.

Susi juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk peduli lingkungan terutama tidak membuang sampah di sungai tetapi dapat mengolah sampah  sesuai program Kota Cimahi Gerakan Orang Cimahi Pilah Sampah (Grak Ompimpah).

Hadir dalam kegiatan karya bakti tersebut Danramil 0911/Cimahi Utara, Danramil 0904/Batujajar, tokoh masyarakat, Ketua RW dan RT, Tagana Kelurahan Citeureup dan personel Koramil 0911/Cimahi Utara, Koramil 0904/Batujajar serta warga masyarakat.