Loading...

Keberadaan Bank Sampah di RW Diharapkam Bisa Kurangi Beban ke TPA Sarimukti Hingga 50 Ton

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 31 Desember 2023 1356 kali dilihat
Bagikan:
Keberadaan Bank Sampah di RW Diharapkam Bisa Kurangi Beban ke TPA Sarimukti Hingga 50 Ton
CIMAHI - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi Chanifah berharap keberadaan bank sampah di setiap RW nantinya bisa mengurangi sampah 20 sampai 50 ton persen dari total timbulan yang ada saat ini.

"Kalau menurut saya bisa menyerap 30-50 ton udah bagus setiap hari, itu hitungan saya," kata Chanifah pada Jumat (29/12/2023).

Seperti diketahui DLH Kota Cimahi berencana membuat bank sampah di setiap RW tahun depan. Keberadaan bank sampah itu tentu saja nantinya bisa mengurangi beban sampah yang dibuang ke TPA Sarimukti, Kabupatden Bandung Barat (KBB).

"Targetnya memang ke depan kita dorong di semua RW itu ada bank sampah. Tentu saja untuk mengurangi beban sampah yang dibuang ke TPA," ujarnya.

Chanifah mengatakan total timbulan sampah di Kota Cimahi sendiri saat ini mencapai 226 ton per hari. Sedangkan yang dibuang ke TPA Sarimukti rata-rata 120 ton per hari, dan sisanya diolah di Kota Cimahi dengan berbagai cara.

Chanifah mengatakan, konsep bank sampah tidak akam berbeda jauh dengan Bank Samici Kota Cimahi yang sudah berdiri. Nantinya bank sampah di setiap RW minimalnya bisa mengelola sampah anorganik yang memiliki high value.

"Kemudian yang nanti juga bisa saja ada yang bisa kelola sampah sampah organiknya dengan komposting dan maggotisasi. Rencananya seperti itu sehingga organiknya berkurang yang harus kita kirim ke TPA Sarimukti," ujar Chanifah.

Dirinya mengatakan, arahan menuju pembuatan bank sampah di setiap RW di Kota Cimahi sudah dimulai. Hal itu terlihat dari adanya program Gerakan Orang Cimahi Pilah Sampah alias Grak Ompimpah yang sudah berlangsung.

Kemudian pihaknya juga akan menyiapkan 
stakeholder seperti PKK, LPM, Karang Taruna dan aparat kewilayahan yang diharapkan membuat tim.

"Itu yang nanti bersama-sama dengan kita yang menyelesaikan permasalahan sampah di masing-masing wilayah. Kami juga siapkan pendamping di masing-masing kelurahan. Itu yang sudah kita lakukan," pungkas Chanifah.