Loading...

Kejuaraan Olahraga Pelajar 2024 Kota Cimahi Jadi Ajang Mencetak Atlet Pelajar Berprestas

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 06 Maret 2024 266 kali dilihat
Bagikan:
Kejuaraan Olahraga Pelajar 2024 Kota Cimahi Jadi Ajang Mencetak Atlet Pelajar Berprestas

CIMAHI.- Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudoarpora) Kota Cimahi menggelar Kejuaraan Olahraga Pelajar (Kopel) Piala Wali Kota Cimahi tahun 2024 di Stadion Sangkuriang Kota Cimahi.  Keikutsertaan para pelajar dalam kejuaraan ini merupakan bentuk komitmen nyata Pemerintah Kota Cimahi dalam rangka memajukan pembinaan prestasi bagi para siswa Kota Cimahi yang nantinya akan menjadi penerus bangsa.

Kejuaraan berlangsung selama tujuh hari mulai 1-7 Maret 2024.

Kegiatan diikuti oleh sebanyak 700 pelajar dari 11 SMA/SMK/MA dan 13 SMP/MTS Kota Cimahi. Dalam kejuaraan ini dipertandingkan 2 cabang olahraga yaitu bola basket kategori putra dan putri serta sepak bola kategori putra.
Pj. Walikota Cimahi Dicky Saromi mengatakan, Kejuaraan Olahraga Pelajar merupakan upaya menyukseskan program Cimahi Bergerak. "Yaitu program menggalakan berolahraga dan beraktivitas yang tujuannya untuk membentuk masyarakat yang sehat dan berprestasi," ujarnya.

Bagi para pelajar, kejuaraan tersebut dapat menjadi sarana pembentukan karakter. "Kegiatan ini menjadi ajang bagi pembinaan dan pengembangan olahraga di sekolah dan merupakan salah satu bagian dari empat pilar pendidikan karakter, yang meliputi olah hati atau qolbu, olah rasa, olah pikir, dan olah raga," sambungnya.

Menurutnya olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan, dan persaudaraan. Olahraga juga dapat memiliki arti yang strategis bagi nation and character building  atau pembangunan watak bangsa.
"Dalam perspektif ini, pembangunan pendidikan tidak cukup hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja, tetapi harus pula mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa," lanjut Dicky.

Dicky berharap melalui Kejuaraan Olahraga Pelajar para pelajar dapat menjadikan sebagai kesempatan sekaligus kepercayaan. Sehingga kesempatan yang didapat haruslah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Berbagai latihan, disiplin, keterampilan, wawasan kebangsaan dan kesempatan yang diperoleh selama kejuaraan ini, merupakan hal yang amat penting dalam membentuk karakter, identitas dan integritas kalian dan sebagai bekal untuk meraih kesuksesan di masa depan. Sehingga dapat menjadi atlet yang berjuang membawa nama harum Kota Cimahi," tuturnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudoarpora) Kota Cimahi Ahmad Nuryana menyatakan, Kejuaraan Olah Raga Pelajar ini selain untuk  mengukur pencapaian pembinaan prestasi olahraga atlet pelajar Kota Cimahi, juga sebagai ajang seleksi pembentukan Tim Pelajar Kota Cimahi yang akan dipersiapkan diantaranya untuk POPWILDA dan POPDA.

"Kejuaraan ini juga adalah untuk mencetak dan melahirkan calon-calon atlet terbaik di kalangan pelajar yang akan menjadi atlet andalan Kota Cimahi dan Jawa Barat, juga menjadi momentum peningkatan gairah dan motivasi pelajar untuk berlatih juga berprestasi di ajang olahraga dengan motto Cimahi Bergerak," ungkapnya.***