Loading...

Hadirkan SiBesti, Pemkot Cimahi Sebar Beras Murah Setiap Bulan

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 30 Maret 2024 1650 kali dilihat
Bagikan:
Hadirkan SiBesti, Pemkot Cimahi Sebar Beras Murah Setiap Bulan
CIMAHI - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melalui Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) membuat gebrakan dengan program Siapkan Beras untuk Masyarakat Kota Cimahi alias SiBesti.

Dengan program itu, Pemkot Cimahi bekerjasama dengan Perum Bulog akan mengadakan operasi beras murah rutin setiap bulan. Program itu renacanya akan dimulai bulan depan.

"SiBesti ini alias beras murah untuk masyarakat Kota Cimahi akan kita mulai April. Rencananya setiap bulan kita adakan di hari Kamis akhir bulan," kata Kepala Disdagkoperind Kota Cimahi, Hella Haerani Kamis (28/3/2024).

Dirinya menjelaskan, operasi beras murah yang akan diadakan setiap bulan khusus bagi warga Kota Cimahi untuk mengurangi beban masyarakat dan menekan laju inflasi. Disagkoperind akan bekerjasama dengan Perum Bulog untuk pengadaan beras murah rutin itu.  

Nantinya, kata Hella, masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan beras murah tersebut. Sebab, Disagkoperind Kota Cimahi akan mendistribusikan langsung beras murah itu ke semua kelurahan yang ada di Kota Cimahi. Untuk teknis pembeliannya akan diatur pihak kelurahan.

"Kalau biasanya kan operasi beras murah kita adakan di titik tertentu secara seremonial, nah sekarang kita langsung ke kelurahan supaya masyarakat tidak usah pergi jauh-jauh," jelasnya.

Untuk rencana awal, kata Hella, pihaknya bersama Perum Bulog akan menyiapkan 30 ton beras yang akan dijual murah di setiap kelurahan di Kota Cimahi. Namun, pihaknya berencana akan meminta tambahan jatah setiap bulannya.

Sebab, 30 ton yang akan disiapkan setiap bulannya diyakini tidak akan mencakup seluruh masyarakat Kota Cimahi. Hella berharap beras murah itu bisa dinikmati khususnya masyarakat yang masuk kategori prasejahtera.

"Kita sedang ajukan permintaan tambahan ke Bulog, mudah-mudahan terpenuhi. Kalau untuk yang sudah disetujui itu 30 ton. Yang kalau prioritas bagi masyarakat pra sejahtera, tapi nanti di kelurahan secara teknisnya," beber Hella.

Hella melanjutkan, harga jual beras lewat program SiBesti tentunya lebih murah dan terjangkau dibandingkan harga di pasar. Setiap karungnya yang berisi beras 5 kilogram akan dijual Rp53.000 per karung atau Rp10.600 per kilogram.

"Per karungnya itu isinya 5 kilogram, harganya Rp53 ribu. Mudah-mudama beras murah yang kita adakan rutin setiap bulan ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan," pungkasnya.