Loading...

Upaya Pemkot Cimahi Tingkatkan Kualitas Mengajar Alquran Lewat Pembinaan Guru Ngaji se-Kota Cimahi

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 30 Maret 2024 1707 kali dilihat
Bagikan:
Upaya Pemkot Cimahi Tingkatkan Kualitas Mengajar Alquran Lewat Pembinaan Guru Ngaji se-Kota Cimahi
CIMAHI.- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi menggelar Pembinaan Bagi Para Guru Ngaji tahun 2024. Kegiatan tersebut menjadi 
upaya meningkatkan kualitas para asatidz memperdalam cara dan teknik mengajar Al-Quran kepada para peserta didik, santriwan, dan santriwati di Kota Cimahi.

Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi mengatakan, gambaran masyarakat Kota Cimahi yang religius tercermin dari kehidupan masyarakat dengan sumber daya manusia berkualitas terimplementasi pada sikap serta perilaku hidup sehari-hari dilandasi aturan dan norma yang berlaku di masyarakat.

"Terwujudnya kehidupan masyarakat yang soleh atau islami merupakan dambaan kita semua. Dimana dalam kehidupan masyarakatnya baik sikap maupun perilaku terbingkai oleh ajaran, norma, aturan serta kaidah agama," ujarnya.

Kondisi seperti itu tidak dapat dicapai sekaligus, namun diperlukan proses bertahap hingga masyarakat mampu melaksanakan dengan penuh kesadaran dan keikhlasan.

"Al-Quran merupakan cahaya yang terus menyinari kehidupan umat islam di sepanjang zaman. Semangat umat islam dalam mempelajari Al-Quran tidak pernah berhenti, termasuk umat islam di Kota Cimahi," katanya.

Pendekatan, metode, strategi dalam mempelajari dan memahami kandungan Al-Quran juga terus mengalami perkembangan seiring tuntutan zaman.
"Kegiatan ini menjadi salah satu ikhtiar dalam mempelajari serta mengamalkan, juga mengajarkan Al-Quran yang merupakan pedoman hidup umat muslim," tambahnya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan keilmuan serta wawasan di bidang Al-Quran. Serta dapat mengamalkan dan mengajarkannya kepada orang lain," sambungnya.

Saat ini masih banyak masyarakat yang belum lancar bahkan belum bisa membaca Al-Quran. "Bagaimana kita memahami isi dan makna Al-Quran serta mengamalkan sebagai tuntunan hidup umat muslim, bila membacanya tidak pernah. Hal ini menjadi fokus pemerintah dalam memberantas buta aksara Alquran di Kota Cimahi," sebutnya

Tidak ada kata untuk belajar  membaca Alquran. Dicky berharap para guru ngaji dapat semakin meningkatkan kompetensi untuk menyebarkan ilmu pemahaman makna kandungan Al-qur'an baik melalui terjemah perkata maupun melalui tafsir al-qur'an kepada anak didiknya.***