Loading...

Gerakan Tanam Cepat Panen Holtikultura Berhasil Panen Pertama Cabai

Rano Hardiana 05 April 2024 2547 kali dilihat
Bagikan:
Gerakan Tanam Cepat Panen Holtikultura Berhasil Panen Pertama Cabai

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Pangan dan Pertanian berhasil melakukan panen pertama Gerakan tanam cepat panen hortikultura (Gertam Parti) di Kebun Kelompok Lebak Saat Kp. Lebak Saat RT 01 RW 21 Kelurahan Cipageran Kota Cimahi. Gerakan penanaman cabai yang dilakukan di 12 Kelompok Tani Kota Cimahi.

Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi mengatakan, Gertam Parti merupakan upaya Pemerintah Daerah Kota Cimahi untuk meningkatkan produksi komoditas hortikultura khususnya tanaman cabai. "Serta mendukung peningkatan ekonomi dan daya beli masyarakat dalam upaya pengendalian inflasi di Kota Cimahi," ujarnya. 

Para petani mampu memanfaatkan lahan yang terbatas untuk ditanami cabe. Hingga dapat menghasilkan panen dan memberikan dampak ekonomi. “Kami bangga melihat Bapak dan Ibu Kelompok Tani yang berhasil menanam, merawat.  Alhamdulillah berhasil panen cabe, saya sangat mengapresiasi seluruh upayanya,” ungkapnya.

Dia menilai, keberhasilan panen cabe dengan memanfaatkan lahan yang ada secara swadaya oleh para petani merupakan sebuah prestasi. "Hendaknya dapat menjadi percontohan dan memotivasi petani Cimahi yang lainnya untuk terus giat melakukan pengembangan pertanian, tentunya dengan sinergi bersama seluruh stakeholders,” ungkapnya.

Selain Gertam Parti, Pemkot Cimahi melakukan berbagai upaya strategis lain pengendalian inflasi. Salah satunya kerjasama antar daerah, Pemerintah Daerah Kota Cimahi telah bekerjasama dengan Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung Barat melalui penandatanganan Memorandum of Understanding. Kerjasama antar daerah ini merupakan salah satu cara untuk memastikan ketersediaan dan kelancaraan distribusi bahan pangan, terutama komoditas pangan pokok seperti bawang merah dan cabai.

Selain penguatan kerjasama antar daerah, Kota Cimahi juga melaksanakan upaya situasional lainnya seperti Operasi Pasar Murah, Gerakan Pangan Murah, bazzar murah, hingga sidak pasar dan pemantauan stok pangan
harian.

 "Dengan berbagai upaya yang dilakukan, diharapkan dapat mengendalikan harga pangan pokok dan inflasi di Kota Cimahi, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H," pungkasnya.**