Loading...

Ayo! Sukseskan Sepekan Mengejar Imunisasi Kota Cimahi

Rano Hardiana 29 April 2024 413 kali dilihat
Bagikan:
Ayo! Sukseskan Sepekan Mengejar Imunisasi Kota Cimahi

CIMAHI.- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi melaksanakan sepekan mengejar imunisasi (Penari). Layanan berlangsung serentak di seluruh unit kesehatan se-Kota Cimahi. Kegiatan ini merupakan bagian upaya mensukseskan Pekan Imunisasi Dunia (PID) tahun 2024, Imunisasi Lengkap, Indonesia Kuat. Pelaksanaan berlangsung 22-28 April 2024.

"Kegiatan tersebut digelar untuk memutus rantai penyebaran penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (P3DI) pada anak," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Mulyati. 

Sasaran program Penari yaitu bayi atau balita dari usia 0-59 bulan yang belum mendapat imunisasi lengkap. Jenis penyakit pada anak usia dibawah 5 tahun yang dapat dicegah melalui imunisasi yakni penyakit Difteri, Pertusis, Tetanus, Polio,Campak, Rubella, Hepatitis b, dan TBC. Adapun layanan jenis vaksin imunisasi yang diberikanyakni, imunisasi HBO, DPT, IPV, Rotavirus, PCV,Polio tetes, BCG, dan MR.

Persyaratan yang perlu dibawa oleh orang tua yakni buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) dan Kartu Keluarga. Namun, jika tidak memiliki KIA maka orang tua dapat membawa Kartu Keluarga saja untuk kemudian diinput datanya ke dalam aplikasi Sehat Indonesia Ku. 

Program digelar untuk meningkatkan capaian imunisasi lengkap pada anak usia sasaran. Selain advokasi, juga dilakukan sosialisasi dengan bersama-sama menyebarluaskan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya imunisasi sebagai upaya menjaga kesehatan masyarakat sejak dini.

"Ayo para orangtua ajak anaknya, ponakan, cucu ke Posyandu, Puskesmas maupun fasilitas kesehatan lainnya di Kota Cimahi kita sukseskan Penari agar anak-anak mendapatkan imunisasi lengkap," tuturnya.**