Loading...

Pemkot Cimahi Gelar Bimbingan Manasik Haji 2024

Rano Hardiana 29 April 2024 779 kali dilihat
Bagikan:
Pemkot Cimahi Gelar Bimbingan Manasik Haji 2024

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi menggelar kegiatan Bimbingan Manasik Haji Bagi Jama’ah Haji Reguler Tingkat Kota Cimahi Tahun 1445 H/2024 M di Masjid Agung Kota Cimahi. Kegiatan tersebut diharapkan dapat membekali pengetahuan kepada calon jemaah haji terkait pelaksanaan ibadah haji dan informasi seputar kondisi di Tanah Suci.

Sekda Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan mengatakan, haji merupakan puncak ibadah ritual dalam agama Islam yang membutuhkan pengorbanan besar. "Haji tidak saja membutuhkan niat yang kuat, tetapi juga kesiapan jasmani, rohani, materi dan juga ilmu manasiknya. Dan karena pelaksanaan ibadah haji  dilakukan di Tanah Suci yaitu di Makkah Al-Mukarromah, maka pelaksanaan ibadah haji akan terasa lebih berat dibanding dengan ibadah lainnya, terutama bagi umat Islam asal Indonesia yang letaknya cukup jauh dari Arab Saudi," ujarnya.

Menurut dia, bukan hal mudah dalam mengurusi calon jama’ah haji. Dalam penyelenggaraan ibadah haji banyak sekali aspek terkait, mulai dari persiapan, akomodasi, transportasi, kesehatan, keamanan, bimbingan manasik haji dan sebagainya.

"Dalam memberikan pelayanan kepada jama’ah haji, diperlukan sistem pelayanan penyelenggaraan yang baik dan profesional. Tentunya menjadi tugas dan tantangan bagi panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Kota Cimahi dalam memberikan pelayanan kepada para calon jama’ah haji," ucapnya.

Bagi jama’ah sendiri, keamanan dan kenyamanan dalam melaksanakan ibadah haji merupakan sesuatu yang didambakan agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan khusyu.  Sehingga hasil dari ritual ibadah hajinya benar-benar dapat memberikan pencerahan hidup serta dapat menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

"Makna haji bukanlah sebagai gengsi, prestise, ataupun prestasi sosial. Akan tetapi sebagai cermin puncak kedewasaan mental spiritual seorang manusia guna mencapai derajat taqwa. Secara vertikal maupun horizontal, taqwa bisa dimaknai sebagai sikap, mental manusia dalam melaksanakan setiap perintah Allah SWT. Ibadah haji menjadi momentum untuk mensinergikan antara kewajiban individual sekaligus amanah sosial untuk kemaslahatan dan kemajuan masyarakat," jelasnya.

Disamping dapat lebih mempererat hubungan tali silaturrahim dan kebersamaan, kegiatan ini juga dapat menjadi bekal yang bermanfaat bagi calon tamu Allah asal Kota Cimahi.

"Semoga seluruh calon jama’ah haji Kota Cimahi dapat mengikuti bimbingan manasik dengan khusyu, ikhlas juga sungguh-sungguh. Sehingga dapat berangkat ke tanah suci disertai dengan kesiapan dan bekal yang cukup, baik lahir maupun batin juga ilmu. Serta dapat kembali ke tanah air dalam keadaan sehat wal ’afiyat, selamat dan dengan harapan semoga mendapatkan pahala haji yang mabrur dan mabruroh, aamiin yaa robbal ‘aalamiin," tandasnya.**