Loading...

Pemkot Cimahi Berkomitmen Gempur Peredaran Rokok Ilegal

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 03 Mei 2024 2559 kali dilihat
Bagikan:
Pemkot Cimahi Berkomitmen Gempur Peredaran Rokok Ilegal
CIMAHI - Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menegaskan pihaknya berkomitmen untuk memberantas peredaran rokok ilegal. Penertiban sekaligus pemusnahan barang-barang ilegal akan terus dilakukan karena hanya menguntungkan individu dan kelompok tertentu. 

"Nanti akan diikuti dengan razia pada tempat-tempat tertentu yang menjual barang ilegal tersebut," tegas Dicky, Kamis (2/5/2024).

Baru-baru ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melalui Satpol PP dan Damkar bersama Bea Cukai Bandung sudah melakukan pemusnahan jutaan batang rokok ilegal yang disita dari sejumlah pedagang.

Pemusnahan rokok tanpa pita cukai tersebut sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam memerangi perdagangan rokok ilegal yang merugikan negara dari segi pajak dan kesehatan masyarakat.

Ada sebanyak 1.324.940 batang rokok ilegal berbagai merek dengan perkiraan nilai barang mencapai Rp1.661.500.700 yang dimusnahkan dengan cara dibakar. Peredaran rokok ilegal ini berpotensi menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 885.715.860.

"Jadi apa yang kita lakukan sekarang adalah shock terapi buat mereka yang memproduksi dan mendistribusikan (rokok ilegal)," Dicky.

Dirinya memperingatkan pedagang agar tidak menjual barang-barang ilegal atau tanpa cukai. Disamping pemantauan langsung petugas, pihaknya mengharapkan masyarakat turut andil melaporkan setiap temuan di lapangan.

"Untuk sanksinya kita kembalikan pada Perda, selain itu peraturan-peraturan yang mendistribusikan barang-barang ilegal," ujarnya.***