Loading...

Pemkot Cimahi Dorong Digitalisasi di Pasar Rakyat

Rano Hardiana 27 Mei 2024 110 kali dilihat
Bagikan:
Pemkot Cimahi Dorong Digitalisasi di Pasar Rakyat
CIMAHI - Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM, dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi menyelenggarakan pembinaan Pengelola Pasar Rakyat di Cimahi Techno Park pada Jumat (17/5/2024). Acara itu diikuti 100 orang peserta yang terdiri dari pengelola pasar, paguyuban pasar di Kota Cimahi.

Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan menyebutkan tujuan dilaksanakannya pembinaan bagi para pengelola pasar rakyat adalah untuk mendukung perkembangan pasar rakyat agar tidak tertinggal oleh pasar modern atau e-commerce.

"Kenapa ini dilakukan tentu dengan harapan para pengelola pasar rakyat ini bisa berhasil dalam profesinya kita berharap pertumbuhan pasar rakyat yang ada di Cimahi bisa semakin berkembang dan tentu ini menjadi PR bagi kami pemerintah daerah agar keberadaan pasar modern tidak memberikan dampak pada pasar tradisional," kata dia.

Dikdik menyebutkan pasar rakyat merupakan salah satu komponen penting dalam roda ekonomi daerah. Salah satu cara agar pasar rakyat dapat bertahan di tengah gempuran e-commerce  adalah dengan melakukan digitalisasi pasar rakyat.

Pemerintah pusat pun sangat mendorong agar pasar rakyat dapat terus berkembang mengikuti perkembangan jaman yang beralih ke era digital.

"Seluruh pasar rakyat diharapkan dapat menjadi pasar digital, dimana untuk menuju proses pasar digital sangat dibutuhkan kerjasama dan peran serta pengelola dan paguyuban pasar rakyat untuk memberikan edukasi dan dorongan kepada para pedagang pasar rakyat yang ada di Kota Cimahi untuk beralih ke pasar digital," tutur Dikdik.

Ia menyatakan pihaknya berkomitmen untuk membantu pemulihan ekonomi para pedagang pasar rakyat dengan memperbaiki pengelolaan dan digitalisasi pasar rakyat. Menurutnya agar pasar rakyat dapat ramai pengunjung di perlukan pengelolaan pasar yang baik sehingga pengunjung pasar rakyat dapat merasa nyaman dan aman untuk berbelanja di pasar rakyat.

Sekretaris Dinas Disdagkorperin Kota Cimahi Taufik Ahmad Taryadi  menambahkan, acara itu digelar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah diwujudkan salah satunya dengan memberikan dukungan pada pasar rakyat untuk tumbuh, maju dan berkembang mengikuti tren.

"Salah satunya adalah melalui digitalisasi pasar rakyat, untuk mendorong terlaksananya digitalisasi pasar rakyat adalah untuk meningkatkan daya saing antara pasar rakyat dengan pasar modern," ujarnya.