Loading...

Edukasi Pangan Demi Anak Sekolah Konsumsi Makanan Sehat Bergizi

Rano Hardiana 10 Juni 2024 662 kali dilihat
Bagikan:
Edukasi Pangan Demi Anak Sekolah Konsumsi Makanan Sehat Bergizi
CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi menggelar kegiatan komunikasi dan edukasi Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS) berlangsung di gedung Cimahi Techno Park Jalan Baros Kota Cimahi. Hal itu dilakukan agar pangan yang dikonsumsi dipastikan sehat dan bergizi untuk mendukung tumbuh kembang anak sekolah.

Kegiatan dihadiri perwakilan sekolah dan pengelola kantin sekolah di SD-SMP se-Kota Cimahi. Turut dihadirkan sejumlah narasumber untuk meningkatkan pemahaman para peserta kegiatan. Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan menyatakan, upaya menciptakan generasi unggul harus dimulai sejak dini. Salah satunya melalui asupan makanan yang sehat.

"Generasi saat ini menjadi generasi unggul dalam tiga aspek utama, kemampuan berpikir, emosional, dan fisik. Pencapaian ini sangat dipengaruhi oleh jenis konsumsi mereka yang harus mendukung tumbuh kembang," ujarnya.

Dikdik menjelaskan, Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dalam melakukan pembinaan kepada penjual makanan di sekolah. "Dibentuk tim khusus untuk melakukan pemantauan berkala di lapangan. Tim ini akan memastikan bahwa makanan yang diberikan kepada siswa memenuhi standar gizi, kesehatan, dan kehalalan yang ditetapkan," katanya.

Pedagang jajanan di luar lingkungan sekolah juga akan mendapat pembinaan dari Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkoperin) terkait keamanan dan kelayakan makanan mereka. "Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa jajanan yang dijual di sekitar sekolah memenuhi standar kebersihan dan kesehatan yang ditetapkan," imbuhnya.

Dengan demikian, anak-anak usia sekolah Kota Cimahi yang sehat bisa mencapai cita-citanya. "Sehingga anak-anak kita sehat, fokus dalam belajar dan bisa mencapai cita-citanya didukung pangan yang sehat," tuturnya.**