Loading...

Sekda Kota Cimahi Resmikan Lahan Hibah Warga Di Ciputri Cigugur Tengah Untuk Pengelolaan Sampah

Rano Hardiana 10 Juni 2024 664 kali dilihat
Bagikan:
Sekda Kota Cimahi Resmikan Lahan Hibah Warga Di Ciputri Cigugur Tengah Untuk Pengelolaan Sampah
CIMAHI.- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan melakukan peresmian Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di kawasan Jalan Ciputri RW 5 Kelurahan Cigugur Tengah Kota Cimahi. Lahan tersebut merupakan hibah dari warga dan akan difokuskan untuk pengelolaan sampah di lingkungan permukiman setempat.

"Saya bersama masyarakat disini, menyampaikan rasa terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak Stanley yang telah menghibahkan tanahnya. Hal itu sangat menggembirakan bagi Pemkot Cimahi, kami akan membangun TPSS sesuai keinginan dari masyarakat," katanya.

Lahan tersebut dihibahkan Stanley yang merupakan warga setempat. Anggaran biaya pembangunan TPSS diperkirakan mencapai Rp 192 juta. Menurut Dikdik, lahan tersebut akan dimanfaatkan secara optimal lewat program Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi.

"Semua bagaimana masyarakat yang mengajukan permohonan kepada pemerintah Kota. Karena aset ini bukan milik Pemkot, tapi ini masih milik masyarakat, jadi kami menunggu untuk bisa dimanfaatkan menjadi TPSS," ungkapnya.
Dikdik menyatakan, pihaknya akan melakukan pengkajian agar fasilitas tersebut dapat beroperasi dengan baik dan memberikan kenyamanan bagi warga sekitar.

"Nanti kita akan akan kaji, bagaimana tata kelola sampahnya sehingga tidak menimbulkan dampak pada warga sekitar," ucapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Chanifah Listyarini menambahkan, keberadaan TPSS Ciputri akan mendukung program Grak Ompipah. "Hal ini selaras dengan program pilah sampah dari rumah. Nanti kita bisa jadwalkan pengumpulan sampah organik dan anorganik sesuai waktu yang ditentukan," ujarnya.

TPSS akan digunakan untuk pengolahan sampah organik dan anorganik. Karena itu, masyarakat diajak berpartisipasi dalam mengelola sampah. "Harapannya masyarakat bisa ikut serta dengan memilah sampah rumah tangga. Sosialisasi dan edukasi terus dilakukan, termasuk juga adanya pembentuka bank sampah di wilayah RW masing-masing. Nanti ke depan tinggal sampah residunya yang kita kirim ke TPA sehingga semakin mengurangi timbulan sampah Kota Cimahi," pungkasnya.**