Loading...

1500 Kendaraan Roda Empat Jadi Sasaran Uji Emisi Gratis

Rano Hardiana 13 Juni 2024 1529 kali dilihat
Bagikan:
1500 Kendaraan Roda Empat Jadi Sasaran Uji Emisi Gratis
CIMAHI.- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi menggelar Uji Emisi Gratis bagi kendaraan roda empat. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia juga  menyambut HUT ke-23 Kota Cimahi. Uji Emisi Gratis diselenggarakan selama tiga hari yaitu 11-14 Juni 2024, merupakan kolaborasi Pemkot Cimahi-Polres Cimahi- Subdenpom Kota Cimahi-Kodim 0609-PLN Cabang Cimahi- Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Asosiasi Bengkel Indonesia (Asbekindo) dengan melibatkan bengkel Toyota, Honda dan Daihatsu.

Target Uji Emisi tahun ini mencapai 1.500 unit kendaraan roda empat. Uji Emisi Gratis ini diselenggarakan di Jl. Gedong Opat, Jl. HMS. Mintaredja, dan area parkir Pasar Kuda Citeureup Jl. Sangkuriang. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi Chanifah Listyarini mengatakan, uji emisi dilakukan untuk mengetahui kondisi kendaraan dengan mengecek emisi atau gas mesin yang dibuang ke udara. 

"Uji Emisi Gratis ini dilakukan untuk mengevaluasi kualitas udara di kota Cimahi dengan target sebanyak 1.500 kendaraan," ujarnya. Pengujian ini perlu dilakukan karena memberikan dampak besar bagi lingkungan hidup maupun kondisi kendaraan.

"Untuk evaluasi kualitas udara Kota Cimahi, tahun ini kita ada tiga kegiatan yaitu pengukuran uji emisi, traffic counting dan roadside monitoring," ungkapnya.

Chanifah menyebut, kualitas udara Kota Cimahi berada di tingkat yang baik. "Hasil uji emisi akan memperlihatkan apakah masyarakat Kota Cimahi sudah melakukan perawatan terhadap kendaraannya dengan baik atau sebaliknya. Karena itu,  kendaraan dengan bahan bakar fosil berpotensi mencemari lingkungan bila tidak dirawat dengan baik," ucapnya.

Kepala Bidang Penaatan Hukum Lingkungan DLH Kota Cimahi Ario Wibisono menyatakan, kualitas udara di Kota Cimahi relatif baik. "Alhamdulillah dua tahun terakhir kualitas udara Kota Cimahi cukup baik. Kami optimis masyarakat dapat rutin melakukan pengecekan kendaraannya secara berkala agar tidak menimbulkan pencemaran udara dan menurunkan tingkat kualitas udara Kota Cimahi," ucapnya.

Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Muda DLH Kota Cimahi R. Lucky Sugih menambahkan,  hasil dari pengujian menjadi dasar pengambilan kebijakan Pemerintah Kota Cimahi terkait strategi untuk meningkatkan kualitas udara di Kota Cimahi. "Hasil dari pengujian ini nantinya sebagai analisa kebijakan bagaimana kepala daerah mengambil kebijakan tentang pengendalian pencemaran udara dan terkait alat transportasi massa," katanya.

Antusias masyarakat Kota Cimahi sangat tinggi terhadap kegiatan Uji Emisi Gratis. Pihaknya berharap antusiasme uji emisi menjadi hasil pengukuran kualitas udara Kota Cimahi betul-betul mencerminkan kualitas udara Kota Cimahi.**