Loading...

Kota Cimahi Raih Apresiasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas

Martihiasari Silviany Iskandar 09 Juli 2024 162 kali dilihat
Bagikan:
Kota Cimahi Raih Apresiasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas
CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi meraih penghargaan sebagai kota dengan penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas terbaik se-Indonesia 2024. Apresiasi tersebut menunjukkan penerapan program Kampung Keluarga yang Berkualitas di Kota Cimahi.

Penghargaan diberikan dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke-31 tahun 2024 di Semarang Jawa Tengah. Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menerima langsung penghargaan yang disampaikan Kepala BKKBN Republik Indonesia Hasto Wardoyo.

"Kota Cimahi mendapat apresiasi atas keberhasilan dalam membentuk kampung KB berkualitas. Hal ini menjadi kebanggaan kita bersama, bahwa program nasional bisa diterapkan dan diikuti masyarakat," ujar Dicky didampingi  Kepala  Dinas DP3AP2KB Kota Cimahi Fitriani Manan.

Kriteria penghargaan diberikan berdasarkan persentase tertinggi jumlah Kampung Keluarga Berkualitas terhadap jumlah desa/kelurahan, persentase tertinggi jumlah Kampung Keluarga Berkualitas mandiri dan berkelanjutan terhadap jumlah desa/kelurahan, Pemerintah daerah yang memiliki regulasi terkait penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas, Kabupaten/kota yang memiliki Tim Koordinasi Kampung Keluarga Berkualitas, dan pemerintah daerah yang membidangi pengendalian penduduk dan keluarga berencana yang memiliki anggaran penyelenggaraan Kampung KB yang bersumber dari APBD murni.

Dicky menyatakan, Kota Cimahi mampu membentuk Kampung Keluarga Berkualitas di 15 Kelurahan sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas, melalui Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas.

Menurut dia, untuk menciptakan generasi berkualitas harus dimulai dari keluarga berkualitas yaitu melalui keluarga berencana. Pemkot Cimahi melalui DP3AP2KB Kota Cimahi terus mengupayakan peningkatan keluarga berkualitas lewat program KB.
"Sebab keluarga yang bahagia dan berkualitas itu harus direncanakan. Keberadaan program tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kota Cimahi," katanya.

Pada acara tersebut, Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo mengungkapkan, pemberian penghargaan berfokus pada bidang Bangga Kencana yang mengacu pada pembangunan kualitas sumber daya manusia atau SDM termasuk percepatan penurunan stunting.

"Di momentum Hari Keluarga Nasional ini, kami berikan apresiasi pada semua pihak atas jasanya dalam program pembangunan manusia. Bersama-sama mengejar kualitas SDM unggul menuju Indonesia Emas 2045" ungkapnya. 

Dia mengatakan, suatu wilayah yang memiliki SDA unggul dapat memanfaatkan SDM sebanyak-banyaknya. "Dengan catatan, SDM tersebut memiliki mental, moral dan karakter hebat," jelasnya.***