Loading...

LAPOR, Inovasi Kelurahan Leuwigajah Memudahkan Pelaporan Secara Online Dan Terintegrasi

Rano Hardiana 26 Juli 2024 663 kali dilihat
Bagikan:
LAPOR, Inovasi Kelurahan Leuwigajah Memudahkan Pelaporan Secara Online Dan Terintegrasi

CIMAHI.- Kelurahan Leuwigajah meluncurkan Sistem Pelaporan Online Terintegrasi (LAPOR), Kamis (25/7/2024). Layanan tersebut memudahkan pelaporan ke lembaga kelurahan untuk mendasari rencana dan kebijakan pembangunan ke depan. Kegiatan berlangsung di aula Kelurahan Leuwigajah Jalan Sadarmanah Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Dihadiri oleh Ketua RT, Ketua RW dan Ketua Lembaga tingkat kelurahan lainnya.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Lingkungan Kelurahan Leuwigajah Aries Reza Budianto selaku inovator LAPOR mengatakan, peluncuran layanan Lapor dilakukan untuk membantu dan mempermudah pelaporan kegiatan Ketua RT, Ketua RW, dan lembaga masyarakat tingkat  kelurahan leuwigajah.

"LAPOR kami rancang sebagai solusi dalam mengelola pelaporan kegiatan secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi dengan baik untuk memberikan akses partisipasi masyarakat dalam menyampaikan laporan," ujarnya.

Selama ini, jajaran RT-RW dan Lembaga di Kelurahan Leuwigajah setiap periodiknya  kerap kebingungan dalam membuat isi laporan kegiatan.  Kendala yang dialami seperti tidak ada format baku pelaporan, terbatas tempat dan waktu, serta tidak adanya anggaran alat tulis kantor. "Dengan sistem tersebut, pelaporan lebih efektif dan efisiensi biaya," ungkapnya.

Lurah Leuwigajah Muhammad Thothoh Gozali Masduki menyatakan, LAPOR sebagai sistem pelaporan online teritegrasi menjadi kebanggaan Kelurahan Leuwigajah. Pasalnya, inovasi tersebut dibuat oleh  jajaran SDM Kelurahan Leuwigajah untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kewilayahan dan pemerintahan.

"Dengan adanya LAPOR ini, saya mengajak dan berharap masyarakat untuk berpartisipasi aktif  dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang pada akhirnya meningkatkan indeks kepuasan masyarakat" tandasnya.**