Loading...

Kabel Serampangan di Kawasan Alun-alun Cimahi Bakal Dirapikan

Rano Hardiana 20 Agustus 2024 1283 kali dilihat
Bagikan:
Kabel Serampangan di Kawasan Alun-alun Cimahi Bakal Dirapikan
CIMAHI - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi menyebutkan pihaknya akan membuat ducting atau dak kabel di ruas jalan kawasan Alun-alun Cimahi. Hal itu dilakukan untuk merapikan kabel yang serampangan di udara.

Pembuatan dak kabel itu dilakukan bersamaan dengan penataan ruas Jalan Ria, Jalan Kaum dan Jalan Sekolahan di kawasan Alun-alun Cimahi yang sedang berlangsung saat ini.

"Harapannya ke depan utilitas kabel segala rupa akan kami coba tertibkan. Ini sebagai pilot project," kata Kepala DPUPR Kota Cimahi, Wilman Sugiansyah, Senin (19/8/2024).

Berdasarkan data lpse.cimahikota.go.id, nilai proyek penataan Jalan Kaum mencapai Rp 979 juta yang dikerjakan CV Noveta Samuel sebagai pemenang lelang. Sementara nilai proyek Jalan Ria mencapai Rp 2,3 miliar yang dikerjakan CV Sinar Terang. Sedangkan untuk Jalan Sekolahan sedang proses lelang ulang dengan pagu anggaran Rp 2,3 miliar.

"Anggarannya sekitar Rp 6 miliar dari APBD semua. Paket pekerjaannya 90 hari kalender. Rencananya lapisan jalannya akan diganti menggunakan batu andesit," terang Wilman.

Untuk proses pekerjaannya, terang dia, permukaan jalan yang ada akan dibongkar terlebih dahulu. Kemudian nantinya akan dipasang pondasi dan beton. Di atas beton itu kemudian akan dilapisi dengan baru andesit seperti di Jalan Braga.

"Harus ada pengerukan dulu karena pengerjaannya kita bukan hanya badan jalan saja, tapi kita bangun ducting," ucap Wilman.

Wilman berharap penataan ruas jalan di kawasan Alun-alun Kota Cimahi ini bisa menambah kenyamanan dan keindahan di pusat Kota Cimahi. "Harapan kami bisa menunjang terhadap estetika kota, kita ketahui Alun-alun sudah rapi mudah-mudahan dengan penataan jalan bisa meningkatkan dan membangkitkan perekonomian di sekitar itu," pungkasnya.