Loading...

Waspada Potensi Kebakaran Musim Kemarau, Warga Diingatkan Tak Bakar Sampah Sembarangan

Rano Hardiana 22 Agustus 2024 922 kali dilihat
Bagikan:
Waspada Potensi Kebakaran Musim Kemarau, Warga Diingatkan Tak Bakar Sampah Sembarangan
CIMAHI.- Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mengimbau masyarakat Kota Cimahi  meningkatkan kewaspadaan akan bahaya kebakaran di musim kemarau. Pasalnya, potensi kejadian kebakaran meningkat. Salah satu langkah mencegah kebakaran diantaranya tidak sembarangan melakukan pembakaran sampah dilahan yang berdekatan dengan alang-alang.

"Jangan bakar sampah di pinggir rumah atau dilahan karena pada saat musim kemarau cuaca panas, angin kencang tanaman pada kering perambatan api akan lebih cepat dan susah untuk dikendalikan," imbuh Kepala Seksi Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Aep Mulyana, Rabu (21/8/2024)

Dia mengatakan, meskipun sejauh ini pihaknya sudah menerima 19 laporan kejadian kebakaran. Namun penyebabnya bukan karena faktor kemarau dari aktivitas pembakaran sampah.

Meski begitu, kata Aep, aktivitas pembakaran sampah sembarangan bisa memicu terjadinya kebakaran. dampaknya bisa fatal yakni menyebar ke pemukiman karena apinya tertiup angin kencang. Kebakaran ilalang juga berpotensi terjadi memasuki musim kemarau seperti sekarang.

"Sejauh ini alhamdulillah masih aman. Tapi masyarakat tetap harus waspada dan jangan sampai bakar sampah sembarangan apalagi sampai ditinggalkan," kata Aep.

Namun jika terjadi kebakaran, lanjut Aep, petugas Pemadam Kebakaran Kota Cimahi selalu siaga 24 jam untuk melakukan penanganan. Untuk itu, masyarakat diingatkan untuk segera melaporkan jika ada kejadian hal-hal yang tidak diinginkan.**