Loading...

Disdukcapil Kota Cimahi Sasar Perekaman KTP di Sekolah

Rano Hardiana 04 Oktober 2024 62 kali dilihat
Bagikan:
Disdukcapil Kota Cimahi Sasar Perekaman KTP di Sekolah
CIMAHI.- Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melakukan jemput bola untuk perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi pemula atau siswa yang sudah berusia 17 tahun.

Seperti yang dilakukan Disdukcapil Kota Cimahi pada Jumat (4/10/2024) di SMAN 3 Cimahi. Jemput bola dilakukan untuk mempercepat proses perekaman KTP-el bagi pemula itu mendapat sambutan hangat dari para siswa.

"Alhamdulillah akhirnya perekaman juga, punya KTP. Tadi sempet deg-degan, tegang juga pas proses perekamannya," kata Alya Naswa Budi Utami (17), salah seorang siswa.

Dia mengatakan, program jemput bolah perekaman KTP dari Disdukcapil Kota Cimahi ini sangat membantu. Sebab, dengan adanya jemput bola ini dirinya bersama siswa lainnya yang sudah berusia 17 tahun tak usah jauh-jauh datang ke kecamatan atau kantor Disdukcapil Kota Cimahi.

"Sangat membantu sekali karena gak usah jauh-jauh ke kecamatan atau ke Disdukcapil karena ternyata mereka yang datang langsung ke sekolah," tuturnya.

Naswa lega akhirnya segera memiliki KTP, dan artinya ia bisa menyalurkan hak pilihnya di Pilkada 2024. "Selain tentunya udah punya KTP, mudah-mudahan bisa menyalurkan hak pilihnya. Kan ada pemilihan wali kota sama gubernur tahun ini," kata Naswa.

Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Cimahi Chaeruddin Djoeharie mengatakan, jemput ke sekolah ini merupakan upaya untuk mempercepat proses perekaman KTP-el. Khususnya menjelang Pilkada 2024.

"Ini untuk mempercepat proses perekaman KTP bagi pemula. Kita kerja sama dengan pihak terkait," kata dia.

Selain jemput bola ke sekolah, hal serupa dilakukan Disdukcapil Kota Cimahi ke setiap kelurahan. "Weekend kita gak libur, tetep buka pelayanan. Kita jemput bola, misalnya kita pusatkan di kelurahan nanti warganya datang untuk perekaman," ucap Djoehari.**