Loading...

Pemkot Cimahi Siapkan Cara Atasi Pembatasan Pembuangan Sampah di TPA Sarimukti

Rano Hardiana 09 Oktober 2024 178 kali dilihat
Bagikan:
Pemkot Cimahi Siapkan Cara Atasi Pembatasan Pembuangan Sampah di TPA Sarimukti
CIMAHI.- Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sudah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi penumpukan sampah imbas adanya pembatasan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat membatasi  pengiriman sampah ke TPA Sarimukti.

Kepala DLH Kota Cimahi Chanifah Listyarini mengatakan ritase pengiriman sampah dari Kota Cimahi dibatasi menjadi 17 rit dari semula 24 rit. Berbagai upaya dilakukan Pemkot Cimahi untuk mengurangi sampah yang dihasilkan setiap harinya yang mencapai kurang lebih 230 ton.

"Penanganan sampah di Kota Cimahi dilaksanakan dengan menekankan penanganan di hulu, yaitu pemilahan mulai dari sumbernya dan pengumpulan terpilah oleh petugas penarik sampah di permukiman, untuk bisa mengolah sampah, baik organik dan anorganik secara optimal," katanya, Selasa (9/10/2024).

Melalui pemilahan dan pengumpulan terpilah, pihaknya berharap sampah dapat dimanfaatkan di Kota Cimahi tanpa harus membebani pengangkutan ke TPA Sarimukti atau Legok Nangka nantinya.

Dijelaskan Chanifah, DLH Kota Cimahi telah menyusun timeline pelaksanaan upaya pengurangan sampah di sumber, mulai dari penyebaran Surat Edaran (SE) Pemilahan Sampah se-Kota Cimahi, optimalisasi mitra DLH dalam pengelolaan sampah di tingkat Kelurahan.

"Kita juga beri edukasi pemilahan sampah yang terus menerus dilaksanakan, baik di kawasan berpengelola dan kawasan tidak berpengelola seperti permukiman," terangnya.

Selain itu, edukasi petugas Tempat Penyimpanan Sampah Sementara (TPS), melaksanakan Eco Office di Lingkungan Pemkot Cimahi. Ada pula kolaborasi DLH dengan Kecamatan, Kelurahan dan stakeholder lainnya.

"Kami juga edukasi petugas penarik sampah di permukiman, kontrol sampah masuk di TPS, aktivasi BSU (Bank Sampah Unit) di tingkat RW dan pengomposan mandiri di permukiman. Serta optimalisasi pengolahan sampah di TPS3R dan TPST," pungkasnya.**