Loading...

Hujan Deras Mulai Melanda, BPBD Kota Cimahi Siaga Penanganan Dampak Bencana

Rano Hardiana 09 Oktober 2024 45 kali dilihat
Bagikan:
Hujan Deras Mulai Melanda, BPBD Kota Cimahi Siaga Penanganan Dampak Bencana

CIMAHI.- Intensitas hujan mulai meningkat di Kota Cimahi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana di musim hujan. Seperti kejadian hujan deras pada Jumat 4 Oktober 2024 petang. Sejumlah kejadian bencana dampak hujan deras terjadi di Kota Cimahi, BPBD Kota Cimahi bersama dinas terkait langsung melakukan tindaklanjut penanganan di lapangan. 

Kejadian bencana yang dilaporkan diantaranya trotoar jalan ambles dan benteng rumah ikut terseret di Jalan Jend. Amir Machmud RT 3 RW 11 Kel. Cigugur Tengah Kec.Cimahi Tengah. Terdapat pohon tumbang di Jalan Sukarasa RT 5 RW 11 Kelurahan Citeureup Kecamatan Cimahi Utara. Serta, dilaporkan rumah rusak akibat diterjang hujan deras disertai angin kencang di Kp. Cibogo RT 8 RW 6 Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan.

Selain itu, dilaporkan pohon tumbang di ruas Jalan HMS. Mintaredja (Baros) yang menimpa satu unit mobil yang tengah melintas. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kendaraan warga mengalami kerusakan.

BPBD Kota Cimahi melalui Tim Unit Reaksi Cepat (URC) yang dipimpin langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi, Fithriandy Kurniawan didampingi Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Bapak Rohmat melaksanakan penanganan langsung di lokasi kejadian bersama dengan instansi terkait baik dari Polri, Dinas PUPR, Dishub, DLH, DPKP, dan instansi terkait lainnya. Untuk penanganan pohon roboh menimpa mobil, dilakukan oleh tim Damkar Kota Cimahi.

Fithriandy Kurniawan mengatakan, pihaknya langsung bergegas ke lokasi kejadian saat menerima laporan. "Begitu ada laporan warga, langsung kami tindaklanjuti dengan memantau ke lokasi karena memang curah hujan sangat tinggi," ujarnya.

Menurut dia, penyebab kejadian bencana karena intensitas hujan deras. "Dugaannya memang karena intensitas hujan deras, meskipun cuma 30 menit hujannya tapi cukup ekstrem," katanya.

Pada Sabtu (5/10/2024), hujan deras dalam waktu singkat juga memicu banjir di sejumlah ruas jalan. Termasuk di ruas jalan Mahar Martanegara simpang Pasar Cimindi-Cigugur Tengah yang terendam banjir akibat air meluap dari Sungai Ciputri sehingga kendaraan mengantre untuk melintas.

Pihaknya bekerjasama dengan Tagana langsung melakukan asesmen kaji cepat di lokasi kejadian dan berkoordinasi langsung dengan unsur kewilayahan dan instansi terkait. BPBD Kota Cimahi juga memberikan bantuan logistik kepada warga yang terdampak.

BPBD Kota Cimahi meminta masyarakat tetap waspada akan kondisi cuaca ekstrim saat ini. "Terutama memasuki awal masa musim hujan terjadi cuaca ekstrim dengan curah hujan tinggi. Agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan memantau perkembangan kondisi cuaca melalui prakiraan cuaca dan memperhatikan imbauan pemerintah agar potensi bencana dapat dihindari," tuturnya.**