Loading...

Suka Makan Ikan Asin? Ini 5 Tips Menggoreng Ikan Asin Agar Sedap dan Tidak Pahit

Administrator 17 September 2018 18641 kali dilihat
Bagikan:
Suka Makan Ikan Asin? Ini 5 Tips Menggoreng Ikan Asin Agar Sedap dan Tidak Pahit
Anda suka makan dengan lauk ikan asin? Ikan asin merupakan lauk yang amat digemari tua dan muda. Bahkan, hanya dengan lauk ikan asin, kita bisa lupa sudah berapa piring nasi yang dihabiskan. Jadi, tidak salah jika lauk ikan asin menjadi salah satu menu pembangkit selera makan.  

Mengolah ikan asin terbilang gampang-gampang susah sehingga dibutuhkan tips memasak yang tepat. Salah satunya, saat menggoreng ikan asin, jangan menggunakan minyak yang terlalu panas. Minyak yang terlalu panas justru akan membuat ikan jadi terasa pahit dan keras. Selain penggunaan minyak, ada beberapa tips lain yang perlu diperhatikan dan bisa dicoba agar ikan asin makin terasa sedap. Apa saja? Nah, berikut tipsnya: 

Cuci Ikan Asin
Sebelum dimasak, cuci ikan asin terlebih dahulu dengan menggunakan air mengalir. Mencuci ikan asin dengan air mengalir akan mengurangi kadar garam yang ada di dalamnya. Selain itu, cara ini juga dapat menghilangkan debu serta kotoran yang menempel saat proses pengasinan ikan. Agar hasilnya maksimal, cuci ikan asin 2-3 kali sambil digosok-gosok perlahan.

Rendam dengan Air Panas
Ada beberapa ikan asin yang memiliki kadar garam yang cukup tinggi. Untuk menetralisir kandungan garam tersebut, rendam ikan asin menggunakan air panas selama 15-30 menit. Dijamin, hasil gorengan ikan akan menjadi lebih sedap dan renyah. Selain itu, merendam ikan asin dalam air panas juga bermanfaat untuk menghilangkan pengaruh penggunaan obat-obatan yang mungkin digunakan saat proses pengeringan.

Tiriskan
Setelah ikan asin dicuci, jangan langsung digoreng, tiriskan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menurunkan kadar air yang terkandung dalam ikan. Selain itu, penirisan dilakukan agar pada saat digoreng, ikan tidak memercikkan minyak.

Gunakan Minyak Baru
Penggunaan minyak goreng dapat memengaruhi cita rasa makanan yang akan dimasak. Jangan menggunakan minyak goreng bekas atau jelantah untuk menggoreng ikan asin karena akan membuat ikan asin menjadi pahit dan kurang nikmat. Jadi, pastikan menggoreng dengan minyak baru, ya.

Lapisan Tepung
Salah satu cara mengurangi kadar air pada ikan asin adalah dengan memberikan lapisan tepung. Sisa air yang ada pada ikan asin akan terserap oleh tepung tersebut. Tepung yang digunakan sebaiknya tepung beras dengan sedikit campuran tepung sagu atau tapioka. Jenis tepung ini membuat ikan menjadi garing serta tidak mudah lembek.

Goreng Dengan Api Kecil atau Sedang
Hindari menggoreng ikan asin dengan api besar karena ikan yang digoreng akan hangus, terasa pahit, dan matangnya tidak merata. Pada jenis ikan asin teri, usahakan menggoreng dengan api kecil, ya. Untuk mengetahui ikan asin teri telah garing saat digoreng, Anda dapat mendengarkan suara minyak saat menggoreng. Jika suara minyak tidak terdengar lagi, berarti ikan telah garing. Jangan lupa, ikan dibolak-balik saat digoreng dan gunakan api kecil atau sedang, ya. Menggoreng dengan api kecil atau sedang membuat cita rasa dan tekstur ikan tidak berubah.

Padukan Dengan Bumbu Pedas dan Asam
Ikan asin lebih sedap diolah dengan bumbu pedas dan asam atau bumbu tumis yang ditambah dengan petai, irisan tomat, dan cabai hijau segar. Sebelum diberi bumbu, ikan harus digoreng dulu, ya.

Makan dengan lauk ikan asin ini akan membuat makan terasa semakin nikmat, apalagi jika dimakan dengan nasi hangat, ya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. (AH)

image source: https://pixabay.com/en/fish-cod-dried-d%C3%B6rr-fish-2806953/