Loading...

10 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Redakan Flu agar Tidak Langsung Minum Obat

Administrator 17 September 2018 606378 kali dilihat
Bagikan:
10 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Redakan Flu agar Tidak Langsung Minum Obat
Musim kemarau yang panjang akan berganti dengan musim penghujan. Pada saat musim hujan tiba, biasanya akan berjangkit berbagai macam penyakit. Salah satu di antaranya adalah flu.

Flu adalah salah satu penyakit yang sangat mudah menyerang tubuh manusia. Selain akibat perubahan cuaca, penyakit flu dapat disebabkan karena kondisi tubuh yang tidak stabil. Padatnya aktivitas juga dapat membuat kita lupa menjaga kesehatan. Sebelum mengonsumsi obat-obatan berbahan kimia, sebaiknya coba dulu memulihkan kondisi tubuh yang terserang flu dengan makan 10 jenis makanan di bawah ini:

Pecel Sayur
Kondisi tubuh yang sedang tidak sehat akibat diserang flu bisa mengakibatkan nafsu makanan menurun. Padahal, kita harus tetap makan untuk memulihkan kondisi tubuh. Mengonsumsi sayur-sayuran sangatlah tepat. Pecel sayuran adalah salah satunya karena mengandung banyak sayuran. Kandungan vitamin dan mineralnya sangat ampuh untuk meredakan flu.

Sup Ayam
Semangkuk sup ayam kaya akan nutrisi, terutama vitamin dan mineral, sehingga dapat membantu mengembalikan kondisi tubuh dan daya tahan tubuh. Lebih nikmat jika dikonsumsi pada saat cuaca dingin. Sup ayam juga dapat mencegah dehidrasi.

Susu
Kandungan vitamin dan mineral dalam susu tidak diragukan lagi. Gejala pilek dapat dikurangi dengan minum susu karena vitamin D yang dominan. Kekurangan vitamin D dapat membuat sistim kekebalan tubuh menurun.

Wedang Jahe
Jahe salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat. Jahe mengandung shogaols yang ampuh dalam memerangi virus penyebab flu. Anda dapat minum teh jahe atau wedang jahe dua kali sehari untuk melawan pilek dan meredakan flu. 

Pepaya
Kandungan vitamin dan mineral dapat mengurangi gejala flu, terutama vitamin C. Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam pepaya akan membantu penyerapan nutrisi dalam pencernaan sehingga memperlancar membuangan. Hal ini akan mengurangi gejala flu yang dialami.

Ikan Salmon
Protein dan asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan salmon sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, virus dan bakteri menyebab flu dapat dilawan.

Air Kelapa
Segelas air kepala mengandung kalori, gula, protein, sodium, karbohidrat, dan serat yang sangat dibutuhkan pada saat flu menyerang. Selain itu, air kelapa juga mengadung elektrolit yang dapat membantu menambah cairan tubuh dan meningkatkan sistim imun tubuh.

Bawang Putih
Bawang putih mengandung vitamin C, selenium, dan mineral lain yang ampuh melindungi tubuh dari rasa dingin. Senyawa ini juga mampu berfungsi sebagai ekspektoran yang membuka saluran hidung dan menghilangkan mukus.

Pisang
Pisang kaya akan vitamin C sehingga dapat meningkatkan sistim imun serta  tenaga. Selain itu, juga dapat melegakan dahak yang menjengkelkan. Pisang juga merupakan obat yang baik untuk melawan demam. Selain vitamin C, pisang juga kaya dengan vitamin B6 yang sangat dibutuhkan penderita flu dan batuk.

Sup Kacang Merah
Salah satu olahan kacang-kacangan yang  dianjurkan meredakan flu adalah sup kacang merah. Kacang-kacangan yang mengandung selenium dan seng sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Demikianlah sepuluh jenis makanan yang dapat dikonsumsi pada saat flu menyerang Anda. Dengan mengonsumsi makanan ini, gejala flu akan teratasi tanpa obat kimia. Namun, jika flu yang Anda derita tidak kunjung sembuh, segera konsultasikan pada dokter. Jangan mudah mengonsumsi obat, terutama obat yang dijual bebas. Semoga bermanfaat. (AH)

image source: https://pxhere.com/en/photo/565804