Loading...

9 Menu Diet Bernutrisi yang Gampang Dibuat

Administrator 18 September 2018 2557 kali dilihat
Bagikan:
9 Menu Diet Bernutrisi yang Gampang Dibuat
Di era milenial, kesadaran masyarakat akan makanan sehat semakin meningkat. Tak heran, berbagai metode diet pun bermunculan. Jika ditanya, cara diet seperti apa yang paling banyak dipilih? Tentu saja cara berdiet yang tidak hanya sehat, tetapi juga dengan menu yang tetap terasa yummy. 

Mengatur asupan jumlah kalori, protein, serta serat perlu diperhatikan dalam program diet sehingga metabolisme tubuh akan tetap seimbang. Selain itu, berat badan Anda akan terjaga dan terhindar dari kelebihan berat badan. Jangan lupa, imbangi dengan melakukan olahraga.

Menu diet yang tetap sehat merupakan menu makanan sehari-hari yang memenuhi gizi seimbang yang meliputi kalori, vitamin, lemak, serat, protein, dan air. Setiap orang membutuhkan nutrisi tersebut dalam jumlah berbeda, tergantung pada jenis kelamin, usia, berat badan, serta aktivitasnya. Berdasarkan Health Service di Inggris, secara umum, kebutuhan jumlah kalori rata-rata per hari untuk pria yakni 2.500 kal dan pada wanita 2.000 kal. 

Anda yang mempunyai kesibukan luar biasa tentu menginginkan tubuh yang sehat dan bugar dengan asupan gizi yang gampang dibuat. Nah, berikut ini sembilan menu diet bernutrisi yang bisa Anda dibuat di rumah.

Menu Sarapan

1) Salad Buah dan Yoghurt
Siapkan empat sampai lima macam buah sesuai selera, seperti apel, pear, anggur, bengkoang, semangka, dan lain-lain. Setelah dipotong-potong, beri yoghurt tawar atau greek sesuai selera, lalu campurkan semua potongan buah dan aduk sampai rata.

2) Roti Gandum dan Susu Rendah Lemak
Roti ini terbuat dari tepung gandum yang ditaburi biji-bijian dan buah sehingga kaya akan serat. Ambil satu sampai dua lembar roti gandum, sandingkan dengan salad buah, yoghurt, dan segelas susu rendah lemak.

3) Omelet Isi Sayuran dan Yoghurt
Kocok dua butir telur, tambahkan minyak zaitun, merica bubuk, dan garam secukupnya. Sayuran seperti wortel, jamur, bawang bombay, dan bawang putih dirajang, lalu ditumis.  Campurkan ke dalam kocokan telur, kemudian tuangkan ke dalam teflon yang telah diberi butter atau mentega. Setelah satu sisi matang, gulung dan balikkan ke sisi lainnya hingga matang.

Menu Makan Siang
 
1) Nasi merah 6 sendok, filet ikan salmon atau tuna (lumuri garam dan merica, lalu panggang di atas teflon yang telah diberi minyak zaitun), dan capcay. Isi capcay dapat Anda pilih dari aneka sayuran, seperti wortel, brokoli, kucai, jamur, atau sayuran lain sesuai selera. Brokoli baik untuk yang sedang berdiet karena hanya mengandung 28 kkal/100 gram. 

2) Nasi merah 6 sendok, semur telur rebus, dan semangkuk sayur bayam. Bayam hanya mengandung 23 kkal/gram, vitamin C, dan beta karoten selain kaya akan serat.

3) Nasi merah 6 sendok, cah brokoli, dan tenggiri panggang saus pedas manis. 

Sebagai camilan, Anda dapat minum jus tanpa gula.

Menu Makan Malam

1) Apel 1 buah, pisang 1 buah, dan susu rendah lemak.

2) Salad sayuran yang terdiri dari wortel, kol putih atau ungu, lettuce, dan timun Jepang. Setelah diserut, rendam dalam air yang telah diberi sejumput garam dan perasan air jeruk lemon atau nipis. Lalu, masukkan ke dalam lemari es. Ambil rendaman sayuran tadi, campurkan dengan tomat ceri, beri minyak zaitun dan yoghurt, lalu aduk merata dan sajikan.

3) Semangkuk sup makaroni ayam tanpa kulit dan kaldu ayam yang berisi wortel dan brokoli. Taburi bawang goreng dan seledri. Lengkapi makan malam Anda dengan segelas susu rendah lemak.

Itulah sembilan menu diet bernutrisi yang gampang Anda buat. Bagi yang bekerja di luar rumah, sebaiknya siapkan dahulu bahan-bahannya saat libur week end. Jadi, saat Senin tiba, Anda tinggal mengeksekusi bahan-bahannya hingga siap saji.

Eits, selain makan makanan yang bergizi, jangan lupa imbangi dengan olahraga yang teratur, ya. Jika semua ini Anda lakukan secara konsisten, tubuh akan sehat, bugar, dan tentunya semangat pun akan meningkat. Ok, selamat mencoba! (AH)

image source: https://pixabay.com/en/food-salad-beet-healthy-diet-1075228/