Loading...

Anda Harus Tahu, Sumber Karbohidrat yang Baik dan yang Buruk bagi Kesehatan

Administrator 25 Oktober 2018 48935 kali dilihat
Bagikan:
Anda Harus Tahu, Sumber Karbohidrat yang Baik dan yang Buruk bagi Kesehatan
Karbohidrat atau zat hidrat arang sangat diperlukan tubuh untuk proses metabolisme. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Saat masuk dalam tubuh, karbohidrat akan diolah sehingga menghasilkan kalori. Nah, kalori inilah yang digunakan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. 

Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua karbohidrat baik bagi kesehatan? Ada karbohidrat yang justru memicu masalah bagi kesehatan, terutama apabila dikonsumsi berlebihan. Risiko yang ditimbulkan antara lain obesitas, diabetes, dan gangguan jantung.

Pada dasarnya, terdapat dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Perbedaannya terletak pada struktur molekul gula yang ada di dalamnya. Karbohidrat sederhana memiliki rantai molekul gula yang pendek sehingga mudah dan cepat dicerna oleh tubuh, sedangkan karbohidrat kompleks memiliki rantai molekul gula yang panjang dan memerlukan waktu lama untuk mencernanya.

Di antara keduanya, manakah yang baik bagi kesehatan? Berikut uraiannya:

Karbohidrat Sederhana 
Ternyata, karbohidrat sederhanalah yang justru buruk bagi kesehatan. Mengapa demikian? Karbohidrat sederhana sangat mudah dicerna dan diserap tubuh. Akibatnya, kadar gula dalam darah akan cepat naik dan cepat turun lagi, sehingga Anda mudah merasa lapar dan nafsu makan meningkat. Kondisi ini berisiko menyebabkan kegemukan serta diabetes. Apa sajakah sumber karbohidrat yang buruk bagi kesehatan?

  • Gula dan semua turunannya, seperti fruktosa, laktosa, dan maltosa. Termasuk juga pemanis buatan, permen, dan sirup. Gula dapat memicu rasa lapar sehingga tanpa disadari, terjadi penumpukan gula dalam darah.
  • Semua produk dari tepung gandum, seperti roti tawar putih, pasta, mi, biskuit, dan pastry. Bahan makanan tersebut memiliki indeks glikemik yang sangat tinggi sehingga cepat dan mudah dicerna tubuh. Selain kadar glikemiknya tinggi, mi juga mengandung gluten yang tinggi sehingga bisa mengganggu pencernaan.
  • Nasi dan semua produk olahan dari beras putih karena memiliki indeks glikemik yang tinggi dengan kandungan serat yang relatih kurang.
  • Kentang goreng.

Fruktosa juga terdapat pada buah-buahan. Akan tetapi, buah-buahan memiliki kandungan serat dan kadar air yang sangat tinggi sehingga meskipun mudah dicerna, buah tetap membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks memiliki rantai molekul gula yang panjang sehingga tubuh memerlukan waktu lebih lama bagi untuk mencerna dan menyerapnya. Akibatnya, tidak timbul lonjakan kadar gula dalam darah.

Selain itu, karbohidrat kompleks umumnya memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Hal ini memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama sehingga membantu menurunkan nafsu makan. Apa sajakah sumber karbohidrat yang baik bagi kesehatan?

- Bahan makanan yang mengandung pati, seperti kentang rebus, ubi rebus, beras merah, quinoa.
- Biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti gandum utuh, kacang polong, dan kacang kedelai.
- Olahan makanan yang menggunakan gandum utuh sebagai bahan utamanya, seperti roti gandum, pasta gandum, dan oatmeal.
- Buah-buahan.
- Sayuran.

Kentang termasuk sumber karbohidrat yang baik bagi kesehatan karena memiliki kandungan pati resisten, yaitu pati yang tidak dapat dicerna tubuh. Dengan catatan, kentang diolah dan disajikan sebagai kentang kukus atau kentang rebus. Kentang akan berubah sifat menjadi sumber karbohidrat yang buruk bagi kesehatan apabila diolah dan disajikan sebagai kentang goreng. 
Nah, itulah sebagian contoh sumber karbohidrat yang baik dan yang buruk bagi kesehatan. Pada intinya, kadar glikemik dan juga serat dari sumber karbohidrat tersebutlah yang menentukan baik tidaknya bagi kesehatan. Jadi, kenali sifat bahan makanan dan cara pengolahannya agar tidak menimbulkan risiko yang merugikan kesehatan. (AH)

image source: https://pixabay.com/en/bread-health-carbohydrates-cake-587597/