Loading...

Pemkot Cimahi Gelar Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tingkat Kota Cimahi

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 23 Mei 2023 654 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 115 Pemerintah Kota Cimahi menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023 pada hari Senin (22/5) bertempat di Lapangan Apel Kantor Pemerintah Daerah Kota Cimahi.

Tujuan peringatan 115 tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2023 adalah untuk terus semangat dalam memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan.

Hadir sebagai pembina upacara Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Maria Fitriana yang dalam sambutannya menyampaikan pidato Plt Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Mahfud MD dalam Peringatan ke-115 Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja namun juga untuk dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama kita,” tutur Maria Fitriana mengawali sambutannya.

Tema Peringatan Harkitnas Tahun 2023 adalah “Semangat untuk Bangkit”. Tema ini dipilih agar Harkitnas ini dapat melambangkan nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju masa depan Indonesia yang lebih baik.

“Tahun ini, kita memperingati hari kebangkitan nasional yang ke-115. Seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908,” tutur Maria Fitriana.

Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei ini merupakan peringatan atas berdirinya Perhimpunan Boedi Oetomo yang menjadi tonggak pergerakan bangsa Indonesia untuk bangkit dan melawan penjajahan. Semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo pada saat itu menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa. Organisasi yang menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan.

Berkaca dari hal tersebut, Maria Fitriana berpendapat bahwa bangsa Indonesia di masa ini harus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan, “Barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat dan terus maju bergerak, mengobarkan api “Semangat untuk bangkit!” demi mewujudkan Indonesia emas 2045,” tegasnya.

Maria Fitriana juga menuturkan dengan dicabutnya public health emergency of international concern (pheic) atau darurat kesehatan global untuk Covid-19, bangsa Indonesia harus lebih bersemangat untuk membangun negeri pasca pandemic, terutama di sektor ekonomi.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa perekonomian indonesia di tahun 2022 tercata tumbuh 5,31% (year-on-year/yoy), meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70% (yoy) dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019.

Pertumbuhan ekonomi indonesia di Triwulan I tahun 2023 pun masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03% (yoy), menunjukkan performa yang lebih baik dari periode Triwulan IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01% (yoy). Kita berharap agar capaian-capaian ini dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan.

Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia ditunjukkan melalui kiprah di berbagai forum internasional, khususnya dalam forum beranggotakan 20 negara/entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20 termasuk juga dalam forum ASEAN di tahun 2023. Hal ini menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional  pasca pandemi sekaligus perjalanan menuju Indonesia emas 2045.


Maria Fitriana mengutip perkataan Dr. Soetomo, “Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya”.

“Dengan semangat yang sama pula, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan. Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua, berjuang, belajar, bertumbuh dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit!” pungkasnya.