Loading...

Penyelenggaraan Mudik Gratis Tahun 2024 di Kota Cimahi Berjalan Lancar

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 21 April 2024 274 kali dilihat
Bagikan:
NotFound
Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, bersama Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan, meresmikan keberangkatan peserta Mudik Gratis Lebaran Tahun 1445 Hijriah/2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Kota Cimahi 

Peserta Mudik Gratis Lebaran tahun 2024 atau 1445 H ini terdiri dari 465 orang, dengan rincian 50 orang dewasa dan 12 anak balita dalam satu bus untuk Jalur Utara (Cimahi – Semarang – Cirebon), serta 403 orang dalam tujuh bus untuk Jalur Selatan (Cimahi – Solo via Yogyakarta).

Program ini diselenggarakan untuk memastikan perjalanan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Cimahi, yang belum pernah mengikuti program serupa sebelumnya.

Dalam sambutannya, Dicky menjelaskan, program Mudik Gratis Lebaran merupakan inisiatif rutin Pemerintah Daerah Kota Cimahi yang sudah berjalan selama lima tahun.

"Tahun ini merupakan tahun ke-5 (lima) penyelenggaraan angkutan mudik gratis bagi masyarakat Kota Cimahi yang diinisiasi oleh dinas perhubungan Kota Cimahi," ungkapnya.

Kegiatan Mudik Gratis ini, lanjutnya, selain sebagai bentuk kepedulian pemerintah bagi masyarakatnya, yang kedua adalah untuk memudahkan pengaturan sehingga mudik gratis bersifat kolektif, yang ketiga untuk mengurangi penggunaan kendaran pribadi sehingga diharapkan dapat mengurangi kemacetan.

 "Keempat, untuk meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas karena baik moda kendaraan yang digunakan juga supirnya sudah dicek dan dipastikan dalam kondisi yang baik, kelima untuk membahagiakan masyarakat melalui mudik yang aman dan nyaman," tutur Dicky.

Ia juga memberikan himbauan kepada pemudik agar selalu waspada dan menjaga kondisi fisik selama perjalanan serta menekankan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas, serta mengingatkan para supir untuk menjadi pelopor keselamatan dengan menghindari mengemudi dalam kondisi lelah atau mengantuk.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ruswanto, mengemukakan, tujuan dari program Mudik Gratis adalah untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, terutama kendaraan roda dua, serta meringankan beban keuangan masyarakat Kota Cimahi saat mudik.

 Kadis berharap program ini akan terus berlanjut dengan jumlah peserta yang bertambah setiap tahunnya, untuk memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat Kota Cimahi.***