Loading...

Upaya Tekan Inflasi Beras Pemkot Cimahi Hadirkan SiBesti

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 30 April 2024 196 kali dilihat
Bagikan:
NotFound
Pemerintah Daerah Kota Cimahi terus melakukan upaya untuk mengendalikan inflasi salah satunya dengan menghadirkan program "Beras Murah Untuk Masyarakat Kota Cimahi atau di singkat (SiBesti)".

Melalui Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) pemkot Cimahi optimis bahwa ketersediaan stok berat berkualitas dengan harga yang terjangkau dapat selalu tersedia di Kota Cimahi. 

Dalam program ini pemkot Cimahi berkolaborasi dengan Perum Bulog,  untuk mengadakan operasi beras murah rutin setiap bulannya. 

Operasi beras murah akan diadakan setiap bulan khusus bagi warga Kota Cimahi,  dengan kualitas dan harga beras yang terjangkau. 

Nantinya warga Kota Cimahi tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan beras murah tersebut,  sebab Disdagkoperin Kota Cimahi akan mendistribusikan langsung beras murah tersebut ke 15 Kelurahan yang ada di kota Cimahi sementara Untuk teknis pembeliannya akan diatur oleh pihak kelurahan. 

Dalam rencana tahap awal program SiBesti Disdagkoperin bersama Perum Bulog Regional Jawa Barat akan menyiapkan 30 ton beras yang akan dijual dengan harga murah di setiap Kelurahan,  untuk mengantisipasi kebutuhan dari masyarakat pihak Pemkot Cimahi pun rencananya akan meminta tambahan jatah beras murah tersebut setiap bulannya. 

Harga jual beras melalui program SiBesti tentunya akan lebih terjangkau dibandingkan harga yang ada di pasar,  setiap 5 kg beras yang dijual akan dikenakan biaya sebesar Rp. 53.000 atau Rp10.600 per kg.

Sebagai informasi Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan beras masih mengalami inflasi secara bulanan atau month to month (MoM) pada Maret 2024 lalu sebesar 2,06 persen***