Loading...

Akibat Kurang Minum Dan Dampaknya

Administrator 26 Desember 2016 13256 kali dilihat
Bagikan:
Akibat Kurang Minum Dan Dampaknya
Lalu pertanyaan yang muncul di benak kita adalah “sudah cukupkah minum air putih hari ini?” pertanyaan yang terkesan sepele namun ternyata memiliki akibat dan dampak yang cukup signifikan terhadap tubuh kita bahkan membahayakan bagi kesehatan.

Tubuh manusia terdiri dari 80% cairan. Fungsi air dalam tubuh manusia yaitu untuk menjaga kesegaran tubuh, membantu sistem pencernaan agar lebih lancer, mengeluarkan racun dalam tubuh lewat keringat dan urine. Serta berfungsi untuk pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh juga sebagai penyedia elektrolit dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu juga air juga berfungsi sebagai salah satu cara untuk diet alami. Begitu pentingnya manfaat air putih bagi tubuh kita, namun jika kita terlanjur terbiasa untuk melupakan pentingnya si air putih ini, maka berikut beberapa dampak yang secara langsung maupun perlahan akan berpengaruh pada tubuh kita.

1. Mengganggu Fungsi Otak
Air putih sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak kita. Karena jika tubuh kita kekurangan air maka akan menyebabkan cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang semestinya mengalir ke otak juga ikut berkurang. Sehingga menyebabkan sel-sel otak menjadi tidak aktif dan tidak berkembang sebagaimana yang diharapkan.

Kekurangan minum air putih juga dapat menyebabkan kita mudah kehilangan konsentrasi saat melakukan aktivitas keseharian dan juga dapat meyebabkan kita mudah lupa atau pikun. Bisa dikatakan gagal focus.

2. Berbagai Gangguan Kesehatan
Dampak yang terjadi karena kurang minum air putih berikutnya yaitu terasa haus, tenggorokan terasa haus, tenggorak terasa kering, suhu badan menjadi panas, terkena gejala sakit kepala, air seni akan berwarna pekat, denyut nadi yang terasa cepat. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada kesehatan kita. Sebaiknya jangan tunggu sampai terasa haus untuk minum agar tidak terjadi dehidrasi.

3. Infeksi Kandung Kemih
Akibat kurang minum air putih ternyata juga bisa menyebabkan penyakit infeksi pada kandung kemih. Gejala infeksi kandung kemih yaitu suhu badan meningkat, terasa nyeri pada saat buang air kecil bahkan kadang terdapat darah dalam urine yang dikeluarkan.

4. Kulit Kusam
Kulit menjadi kusam, kering, tidak menunjukkan kulit yang cerah dan awet muda karena aliran darah kapiler di kulit pada tubuh tidak maksimal. Tentunya anda tidak mau kan jika sampai dibilang tua sebelum waktunya? Maka mulai sekarang perbanyaklah minum air putih agar anda terlihat awet muda selalu. Dan kondisi kulit wajah anda terlihat lebih lembab.

5. Ginjal
Beberapa kasus yang terjadi di sekitar kita, banyak orang terkena penyakit ginjal diakibatkan karena kurang minum air putih. Hal ini dapat mengganggu fungsi kerja ginjal pada tubuh dikarenakan air putih sangat penting untuk mencegah batu ginjal. Fungsi air putih pada organ ginjal akan membuat komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah larut bersama air kecil yang kita keluarkan setiap harinya.

Belum terlambat untuk memulai kebiasaan baik ini yaitu sedia minum sebelum haus, guna menjaga kesehatan yang dimulai dari hal-hal kecil namun bermanfaat besar bagi tubuh kita.